Ridwan Kamil Ungkap Bey Machmudin jadi Kandidat PJ Gubernur Jawa Barat

Ade Rosman
3 Agustus 2023, 16:52
Ridwan kamil
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nym.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan topi kepada siswa baru saat meninjau kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMKN 12, Bandung, Jawa Barat, Senin (17/7/2023).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengakhiri masa kepemimpinan pada September 2023. Pria yang biasa disebut Emil tersebut meyakini siapapun yang akan menjadi Pejabat atau Pj Gubernur nantinya akan dipermudah dengan kondisi Jawa Barat yang ia klaim telah mengalami banyak kemajuan.

"Siapapun yang akan terpilih, saya yakin akan aman, nyaman, karena Jawa Barat relatif sudah banyak reformasi, kemajuan, tinggal dirawat aja dengan baik selama satu setengah tahun sebagai pejabat sementara," kata Ridwan Kamil kepada wartawan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (3/8).

Ridwan Kamil menyebutkan saat ini terdapat tiga kandidat potensial yang akan menggantikan dirinya. Nama calon pemimpin Jawa Barat itu mulanya diajukan oleh DPRD. Nama yang muncul  kemudian diajukan ke Kemendagri dan selanjutnya menjadi diskresi Presiden.

Menurut Ridwan nama-nama yang diajukan DPRD yakni guru besar Universitas Padjadjaran Prof Keri Lestari, dan Dirjen Peraturan Perundangan Kemenkumham Asep Mulyana. Ada juga nama Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin yang merupakan orang kepercayaan Presiden Joko Widodo. 

Adapun Bey sebelumnya dilantik menjadi Deputi di Sekretariat Presiden sejak Januari 2021 dan pernah menjabat Kepala Biro Pers Istana. Menurut Ridwan kamil nantinya tiga nama akan digodok lagi oleh Kemendagri untuk diusulkan kepada Presiden.

“Apapun itu, keputusannya ada di kewenangan Pak Jokowi, sehingga pada saat saya berakhir 5 September, harusnya seminggu, dua minggu sebelumnya harusnya sudah diputuskan siapa," kata Ridwan Kamil. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...