PDIP Buka Pintu Bagi Yenny Wahid Maju Cawapres Dampingi Ganjar

Ira Guslina Sufa
9 Agustus 2023, 14:03
Puan soal Cawapres
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/tom.
Ketua Bidang Politik dan Keamanan PDI Perjuangan Puan Maharani (tengah) menyampaikan pidato saat menghadiri Rapat Konsolidasi Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (25/7/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani mengatakan partainya membuka diri untuk Yenny Wahid maju sebagai calon wakil presiden. Saat ini PDIP telah mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada pilpres 2024 mendatang. 

Menurut Puan, hingga kini PDIP masih dalam tahap merampungkan nama yang tepat untuk menjadi pendamping Ganjar, Karena itu ia menyebut berbagai kemungkinan masih bisa terjadi. 

"Kami terbuka untuk masuknya nama-nama dalam list yang nanti akan menjadi calon bakal cawapres," kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (9/8). 

Puan mengakui, Yenny punya hubungan baik dengan PDIP. Bahkan Puan menyebut dalam beberapa waktu terakhir sempat bertemu dan berbincang dengan putri dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu. Meski begitu Puan menyebut penentuan cawapres pendamping Ganjar masih terus digodok. 

Sebelumnya, pada Selasa (8/8) Yenny Wahid mengaku memiliki kedekatan dengan tiga calon presiden yang digadang akan maju dalam pemilihan presiden 2024 mendatang. Tak hanya itu, Yenny juga mengaku siap maju sebagai calon wakil presiden dalam kontestasi Pemilu 2024. 

"Sebagai orang yang berkecimpung di dunia politik sudah cukup lama, pasti harus siap untuk menduduki jabatan publik," kata Yenny, di Kompleks Parlemen, Senayan. 

Menurut Yenny, seseorang yang memutuskan terjun ke dunia politik memiliki tujuan untuk menduduki jabatan publik strategis. Hal itu merupakan bagian dari ikhtiar untuk bisa membuat kebijakan publik dan berefek pada perubahan nyata yang dirasakan masyarakat. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...