Pemprov Sebut Kemarau Biang Keladi Memburuknya Polusi Udara Jakarta

Ameidyo Daud Nasution
11 Agustus 2023, 17:14
jakarta, polusi, kemarau
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym.
Suasana gedung-gedung bertingkat yang tertutup oleh kabut polusi di Jakarta, Selasa (25/7/2023). Berdasarkan data IQAir pukul 16.29 WIB, Jakarta tercatat menjadi kota dengan kualitas udara dan polusi terburuk di dunia dengan nilai indeks 168 atau masuk kategori tidak sehat.

Polusi udara di DKI Jakarta memburuk beberapa waktu belakangan. Pemerintah Provinsi DKI beralasan musim kemarau menyebabkan kualitas udara memburuk.

"Juli hingga September biasanya musim kemarau sedang tinggi-tingginya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Asep Kuswanto dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (11/8) dikutip dari Antara.

Dinas LH juga menyiapkan tiga strategi untuk menekan polusi. Pertama adalah kebijakan dan regulasi. kedua, menggencarkan uji emisi dan transportasi umum.

Langkah terakhir adalah mengimbau warga memeriksa kualitas udara sebelum beraktivitas. Masyarakat bisa memeriksa lewat aplikasi Jakarta Kini (JAKI), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), atau Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...