Upacara di Pacitan, SBY Absen dari HUT Kemerdekaan RI di Istana

Ameidyo Daud Nasution
17 Agustus 2023, 15:43
Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhonono (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) dan Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan (tengah) hadir menyaksikan pertandingan voli Indonesia melawan Viet
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/Spt.
Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhonono (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) dan Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan (tengah) hadir menyaksikan pertandingan voli Indonesia melawan Vietnam pada SEA V League putaran pertama di Padepokan Voli Jendral Kunarto, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2023). Hadirnya SBY, Anies dan AHY tersebut unntuk mendukung Timnas Indonesia.

Sejumlah mantan pejabat tinggi negara menghadiri Upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8). Meski demikian, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono tak terlihat dalam upacara.

SBY memilih untuk mengikuti peringatan di kampung halamannya di Pacitan, Jawa Timur. Ia menghadiri detik-detik pembacaan teks proklamasi di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu tiba di lokasi upacara pada pukul 09.58 WIB. Ia didampingi dua putranya yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

SBY duduk di barisan depan dan berdampingan dengan Bupati Pacitan Indrata Nurbayuaji. Di akhir acara, ia sempat menyalami para tamu dan memberikan beberapa patah kata sebelum meninggalkan lokasi.

"Selamat ulang tahun kemerdekaan untuk kita semua. Semoga Indonesia semakin maju dan sejahtera," katanya di Pendopo Kabupaten Pacitan, Kamis (17/8) dikutip dari Antara.

Sedangkan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri hadir dalam upacara di Istana Merdeka. Mega, yang mengenakan pakaian dan selendang berwarna merah tampak duduk di samping Wakil Presiden Ke-6 Try Soetrisno.

Peresmian Kebun Raya Mangrove di Surabaya
Peresmian Kebun Raya Mangrove di Surabaya (ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/rwa.)

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla serta Wakil Presiden ke-11 Boediono. Hadir pula Istri Abdurrahman Wahid yakni Shinta Nuriyah serta Istri Wakil Presiden Ke-4 Umar Wirahadikusuma yakni Karlinah Djaja Atmadja.

Sejumlah Anggota Kabinet juga menghadiri upacara. Mereka yang terlihat hadir antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain itu ada pula Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, serta Panglima Tentara Nasional Indonesia Laksamana TNI Yudo Margono.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...