KPK Tetapkan Tiga Tersangka Korupsi Sistem Proteksi TKI di Kemnaker

Ira Guslina Sufa
21 Agustus 2023, 17:51
KPK
ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom.
Jubir KPK Ali Fikri dalam konferensi pers, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi tenaga kerja Indonesia di Kementerian Tenaga Kerja. Penetapan tersangka dilakukan setelah KPK mengumpulkan sejumlah alat bukti. 

"(para tersangka) dua ASN dan satu dari pihak swasta,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (21/8). 

Lebih jauh Ali mengatakan meski telah menetapkan tiga tersangka, KPK belum bisa mengumumkan dengan rinci identitas para pelaku. Menurut Ali pengumuman lengkap baru bisa dilakukan setelah proses hukum rampung.

Ali mengungkapkan saat ini penyidik lembaga antirasuah masih melakukan pengumpulan alat bukti serta pemeriksaan terhadap saksi-saksi terkait perkara tersebut. Lebih lanjut dia mengungkapkan penyidik lembaga antirasuah menduga ada kerugian negara yang ditimbulkan oleh kasus dugaan korupsi tersebut. 

"Berhubungan dengan kerugian negara sehingga butuh waktu nantinya, termasuk menghitung kerugian keuangan negara," ujar Ali. .

Kerugian negara yang ditimbulkan menurut Ali merujuk pada Pasal 2 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

Sebelumnya, penyidik KPK juga melakukan penggeledahan di Kantor Kementerian Tenaga Kerja pada Jumat (18/8). Meski demikian KPK belum memberikan keterangan lebih detail mengenai apa saja temuan tim penyidik dalam penggeledahan tersebut.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...