Jakarta Tiba-tiba Diguyur Hujan Tadi Malam, Ini Penjelasan BRIN

Lavinda
Oleh Lavinda
28 Agustus 2023, 09:50
Jakarta
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Suasana gedung bertingkat diselimuti kabut polusi di kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (23/8).

Hujan tiba-tiba menggujur wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya Minggu (28/8) tadi malam, juga beberapa waktu terakhir. 

Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN menyatakan hal itu menunjukkan hasil dari upaya pemerintah dalam melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca untuk mengurangi dan menanggulangi polusi udara wilayah perkotaan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi atau Jabodetabek.

Koordinator Laboratorium Pengelolaan Teknologi Modifikasi Cuaca BRIN Budi Harsoyo mengatakan pemerintah telah menaburkan garam semai sebanyak 800 kilogram di Cianjur, Depok, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat, pada ketinggian sekitar 10.000 kaki.

"Teknologi modifikasi cuaca untuk mengurangi polutan sudah pernah dilakukan oleh beberapa negara yaitu Cina, Korea Selatan, Thailand, dan India. Sementara di Indonesia baru pertama kali dilaksanakan di wilayah Jabodetabek," kata Budi seperti dikutip Antara, Senin (28/8).

Menurut dia, cara paling efektif untuk mengurangi polusi udara adalah air hujan. Bila hal itu tidak memungkinkan karena kemarau, maka memodifikasi cuaca bisa dilakukan dengan mengganggu stabilitas atmosfer.

Kegiatan menabur bahan semai berupa es kering pada ketinggian tertentu dapat mengganggu stabilitas atmosfer, karena tidak adanya perbedaan temperatur di titik ketinggian tersebut atau isotherm yang kemudian menimbulkan lapisan inversi.

Cuaca Cerah Berawan Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah berawan berpotensi mendominasi di sejumlah kota besar di Indonesia pada hari ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...