Arahan Terbaru Jokowi Soal Polusi Udara Jakarta: Tanam Pohon Besar

Ameidyo Daud Nasution
29 Agustus 2023, 11:06
jokowi, polusi udara, jakarta
Agus Suparto
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama pimpinan lembaga negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, serta Ibu OASE KIM menggunakan LRT dari Stasiun LRT Harjamukti, Depok menuju Stasiun Cawang, Jakarta Timur pada Senin, 28 Agustus 2023.

Presiden Joko Widodo kembali mengumpulkan para menteri pada awal pekan ini untuk mencari jalan keluar polusi udara di Jakarta. Ini merupakan rapat kedua usai sebelumnya digelar pada 14 Agustus 2023 lalu.

Dalam rapat kali ini, Jokowi memberikan sejumlah arahan baru demi menangani polusi udara. Salah satunya, penghijauan yang dilakukan serentak demi menghasilkan oksigen.

"Tanam pohon supaya memberikan kesejukan," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar usai rapat penanganan polusi udara di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/8) dikutip dari Antara.

Tanam Pohon

Jokowi meminta masyarakat melakukan gerakan serentak menanam pohon. Ini sebagai bentuk mitigasi alami polusi udara di Jabodetabek karena pohon bisa menghasilkan oksigen.

"Pak Presiden meminta untuk digerakkan bersama-sama," kata Siti Nurbaya.

Polusi Uadara Jakarta Masih Buruk
Polusi Uadara Jakarta Masih Buruk (Muhammad Zaenuddin|Katadata)

Upaya tersebut bisa dilakukan dengan menanam pohon berdiameter besar. Siti mengatakan penanaman bahkan bisa dilakukan di teras-teras gedung.

"Kalau perlu jarak tanamnya diatur jangan 3x1 meter tapi 1x1 meter," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara, Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...