SBY Pimpin Rapat Majelis Tinggi Demokrat, Putuskan Sikap Soal Koalisi

Ade Rosman
1 September 2023, 13:32
Demokrat
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.
Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) menyambut kedatangan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kanan) saat silahturahmi kebangsaan di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/5/2023).

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono akan mengumpulkan para petinggi usai menerima kabar perjodohan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di pemilihan presiden 2024 mendatang. Demokrat menilai perjodohan Anies oleh Ketua Umum Nasional Demokrat Surya Paloh telah mencederai prinsip kesetaraan dalam koalisi. 

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, rapat itu akan digelar di kediaman SBY, di Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Meski begitu SBY akan memimpin rapat secara daring. 

"Sore ini pukul 16.00 di Cikeas," kata Hinca ketika dikonfirmasi, Jumat (1/9).

Sebelumnya, kabar keputusan sepihak Surya Paloh diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya. Ia menyebut keputusan Paloh itu diambil tanpa melibatkan Partai Demokrat dan PKS.

"Pada Rabu (30/8) kami mendapatkan informasi dari Sudirman Said, mewakili Capres Anies Baswedan, bahwa Anies telah menyetujui kerja sama politik Partai Nasdem dan PKB,” kata Riefky dalam keterangan resmi. 

Riefky pun mengatakan, Partai Demokrat telah melakukan konfirmasi langsung pada Anies. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun telah membenarkan pertemuan Surya Paloh dengan Muhaimin dan perjodohan maju di pilpres. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...