Anies Soal Konflik Rempang: Jika Investasi Picu Derita Perlu Dikoreksi

Ade Rosman
12 September 2023, 20:14
Anies
ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/nz
Anggota Brimob Polda Kepri yang tergabung dalam Tim Terpadu membersihkan pemblokiran jalan yang dilakukan oleh warga Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (8/9/2023).

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan buka suara perihal konflik pengosongan lahan di Pulau Rempang, Kepulauan Riau.

Menurut dia, investasi tujuan akhirnya bukan hanya sekadar memperkaya investor, melainkan meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat.

"Itu tujuan utama ketika kita membuka kesempatan untuk ada investasi," kata Anies dalam konferensi pers di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, (12/9).

Berdasarkan hal tersebut, Anies berpandangan harus mengedepankan prinsip keadilan, dan diterapkan dalam situasi apapun.

"Karena kita tahu bahwa pelaksanaan selalu bertemu dengan berbagai macam tantangan di lapangan. Kalau kegiatan investasi justru memicu penderitaan, justru memicu kondisi yang tidak sehat di dalam kesejahteraan rakyat, ini perlu ada langkah-langkah koreksi," katanya.

Ia menceritakan pengalamannya saat memimpin DKI Jakarta. Ia mengungkapkan, jika dalam prosesnya terdapat tindakan-tindakan kekerasan yang menyangkut penggusuran.

"Saya datang ke tempat-tempat yang saya bangunkan rumah, misalkan masyarakat di Bukit Duri," katanya.

Ia mengatakan, efek traumatis dari konflik akan diingat lama, terutama dari kalangan anak-anak. Berdasarkan pengalamannya itu, ia menyatakan pendekatan yang penting dengan cara dialog dengan masyarakat.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...