PDIP Yakin Ganjar Menang Satu Putaran Meski Koalisi Prabowo Kian Gemuk

Ade Rosman
19 September 2023, 10:36
PDIP
ANTARA FOTO/Aji Styawan.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) menyapa warga seusai memberikan pidato pada perpisahan bertajuk Pesta Rakyat Terima Kasih Jawa Tengah di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/9/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Said Abdullah yakin bakal calon presiden yang diusung partainya yakni Ganjar Pranowo dapat menang satu putaran dalam Pemilihan Presiden 2024. Said mengatakan keyakinan PDIP tetap kuat meskipun dukungan untuk Prabowo Subianto kian menggemuk. 

Saat ini Prabowo Subianto telah mengantongi dukungan dari Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Demokrat dan Gelora. Menurut Ketua Badan Anggaran DPR itu situasi yang dihadapi Ganjar hari ini tak jauh berbeda dari pemilu 2014 saat pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla bertarung. 

"Tahun 2014 adalah spirit kami, terbukti dengan kerjasama parpol seiring yang ramping ternyata kami bisa memenangkan Jokowi-JK. Dan itu fakta," kata Said seperti dikutip, Selasa (19/9). 

Pada Pemilu 2014, Jokowi-JK didukung oleh Koalisi Indonesia Hebat yang terdiri dari PDIP, Partai Kebangkitan Bangsa, Nasional Demokrat, Hanura, dan PKPI. Sedangkan pesaingnya yakni pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa didukung oleh Koalisi Merah Putih yang terdiri dari Gerindra, Golkar, PAN, PPP, PKS, dan PBB.

Pada pemilu 2024 nanti Ganjar didukung oleh PDIP bersama Partai Persatuan Pembangunan, Hanura, dan Perindo. Menurut Said jumlah partai itu tak mempengaruhi semangat tim pemenangan untuk mendukung Ganjar. 

Dinamika politik jelang pemilu memang bergerak cepat seiring dengan waktu pendaftaran pasangan capres dan cawapres yang kian dekat. Terbaru, Partai Demokrat menyampaikan dukungan secara resmi kepada Prabowo Subianto untuk maju sebagai bakal calon presiden pada Pilpres 2024. 

Dukungan Demokrat disampaikan secara langsung oleh Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Prabowo di Hambalang, Bogor Jawa Barat, Minggu (17/9). Kendati demikian, Partai Demokrat masih akan menunggu pelaksanaan rapat pimpinan nasional atau Rapimnas untuk mengumumkan sikap partai terkait pemilihan presiden 2024. 

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan sesuai rencana Rapimnas Partai Demokrat akan digelar pada Kamis (21/9) mendatang. Agenda utama rapat adalah mengumumkan arah dukungan Demokrat pada pemilu 2024. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...