Siti Nurbaya jadi Satu-Satunya Kader Nasdem di Kabinet usai SYL Mundur

Ameidyo Daud Nasution
6 Oktober 2023, 11:46
nasdem, syahrul yasin limpo, kabinet
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo muncul di Kementerian Pertanian pada Kamis (5/10) usai dikabarkan hilang di Eropa pada beberapa waktu lalu.

Jumlah kader Partai Nasdem yang berada di Kabinet Indonesia Maju semakin berkurang. Ini setelah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri.

Syahrul menyusul Johnny G Plate yang mundur dari jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika usai tersandung kasus dugaan korupsi proyek Base Transceiver Station (BTS). Praktis, kader Nasdem yang tersisa di kabinet tinggal Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

Jatah Nasdem bahkan sudah berkurang usai Johnny Plate mundur. Posisinya sebagai Menkominfo digantikan oleh Budi Arie Setiadi yang juga Ketua Umum relawan Projo.

Belum diketahui apakah posisi Syahrul sebagai Mentan akan digantikan oleh kader Nasdem atau tidak. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan keputusan tersebut berada di tangan Presiden Joko Widodo.

"Tentu saya akan laporkan dulu (pengunduran diri Syahrul) ke Pak Presiden. Tindak lanjutnya kami laporkan segera," kata Pratikno di Kemeterian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (5/10).

Nasdem merupakan partai yang sejak awal berada di koalisi Jokowi pada 2014. Saat awal Kabinet Kerja, partai besutan Surya Paloh ini mendapatkan jatah tiga orang menteri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...