Koalisi Pendukung Prabowo Pastikan Gibran Tak Akan Keluar dari PDIP

Ade Rosman
26 Oktober 2023, 17:06
Prabowo - gibran
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
Bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka menyapa pendukungnya usai mendaftarkan diri sebagai peserta dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Gedung KPU,Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah menyebut calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka tak akan keluar dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Gibran tetap menjadi kader partai berlogo banteng moncong putih itu meski menjadi calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju. 

"Mas gibran clear, tidak keluar dari partai," kata Fahri kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/10).

Saat ini, Gibran telah resmi menjadi cawapres mendampingi Prabowo di pilpres. Pasangan Prabowo - Gibran telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum pada Rabu (25/10) dan telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Adapun Koalisi Indonesia Maju terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Gelora, Garuda dan Prima. 

Terkait status Gibran yang merupakan kader dari partai kubu lain, Fahri mengatakan tak ada ketentuan yang mengharuskan capres maupun cawapres terikat dengan partai politik. Hal itu menurut tak mempengaruhi posisi Gibran sebagai cawapres. 

Fahri mencontohkan kasus serupa pernah terjadi pada pemilu 2014 saat Presiden Joko Widodo maju di pilpres bersama Jusuf Kalla. Saat itu JK yang merupakan kader Golkar justru menjadi cawapres di kubu lawan. Jokowi - JK saat itu diusung PDIP, sedangkan Golkar yang merupakan partai asal JK mendukung Prabowo. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...