Yenny Wahid Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo - Mahfud MD di Pilpres

Ade Rosman
27 Oktober 2023, 14:45
Yenny wahid
ANTARA FOTO/Saptono/aww.
Ketua The Wahid Institute Yenny Wahid di Paviliun Indonesia, Shram El Sheikh, Mesir, Senin (7/11/2022).

Barikade Gus Dur yang dipimpin putri Presiden ke-4 RI Gus Dur, Yenny Wahid, resmi mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo - Mahfud MD dalam kontestasi Pilpres 2024. Yenny mengatakan dukungan diberikan lantaran kedekatan yang dirasakan dengan pasangan tersebut, terutama Mahfud MD.

"Kami, barisan para kader Gus Dur menyatakan mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD," kata Yenny di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (27/10).

Yenny mengatakan Mahfud merupakan tokoh yang selama ini dekat dengan kalangan NU. Kedekatan itu, tambah Yenny, telah terjalin sejak lama.

"Prof Mahfud MD adalah orang yang selama ini dekat dengan kami, beliau adalah orang NU yang juga kader Gus Dur. Kedekatan ini tentu sudah berlangsung lama, kedekatan sejak Gus Dur masih ada," kata Yenny.

Saat ini, pasangan Ganjar-Mahfud telah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum untuk ikut bertarung di pilpres 2024. Mereka mendapat dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, Perindo, dan Hanura. 

Dua pangan lain yang akan bertanding di Pilpres 2024 yakni Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka yang didukung Koalisi Indonesia Maju. Prabowo - Gibran didukung Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari Gerindra, Golkar, Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Gelora, Gerindra dan Partai Solidaritas Indonesia. 

Kemudian Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar didukung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terdiri dari Partai Nasional Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Keadilan Sejahtera. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...