Gerindra Sebut Ridwan Kamil Masuk TKN Prabowo, Khofifah Potensi Masuk

Ade Rosman
1 November 2023, 16:41
Gerindra
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nym.
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau layanan Samsat Digital seusai peresmian di Terminal Leuwipanjang, Bandung, Jawa Barat, Selasa (29/8/2023).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk dalam deretan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Selain Ridwan nama lain yang berpeluang masuk dalam tim adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

"Pasti dong, pasti (Ridwan Kamil gabung). Oh, tentu, tentu (Khofifah) juga," kata Habiburokhman kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (1/11).

Ridwan Kamil sebelumnya merupakan salah satu kandidat yang digadang berpeluang menjadi cawapres Prabowo. Ridwan merupakan wakil ketua umum Partai Golkar yang merupakan pendukung Prabowo. Meski begitu, Ridwan juga dilirik oleh tim pemenangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD untuk masuk dalam tim pemenangan. 

Habiburokhman mengatakan saat ini struktur TKN Prabowo-Gibran belum diumumkan secara resmi. Habiburokhman menyebut pihaknya masih terus berkomunikasi dan melobi kedua tokoh tersebut, yang dinilainya direspons secara positif.

Di sisi lain, Habiburokhman mengatakan proses pembentukan TKN telah memasuki tahapan rapat-rapat yang intens. Para jubir pun telah bergerak di berbagai daerah.

Wakil Ketua Komisi Hukum DPR itu menyebut selain diisi perwakilan partai, struktur TKN juga akan diisi oleh unsur relawan. Ia menyebut antusias masyarakat mendukung pasangan Prabowo - Gibran makin meningkat dari hari ke hari. 

Sebelumnya, Prabowo telah mengumumkan nama tokoh yang didapuk menjadi ketua TKN. Hal itu disampaikan Prabowo saat menemui ribuan relawan dan pendukung di Stadion Arena Indonesia kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu (25/10). 

“Yang saya hormati, Pak Rosan Roeslani Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju,” ujar Prabowo memperkenalkan Rosan kepada hadirin. 

Saat ini pasangan Prabowo - Gibran telah mengantongi dukungan dari Koalisi Indonesia Maju. Koalisi 'gemuk' itu terdiri dari Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Solidaritas Indonesia, Gelora, Garudan dan Prima. Pada pemilu 14 Februari 2024 mendatang Prabowo - Gibran akan berhadapan dengan Ganjar Pranowo - Mahfud MD dan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...