Megawati Blak-blakan soal Kondisi Politik Terkini, Apa Katanya?

Lona Olavia
12 November 2023, 14:43
Megawati Blak-blakan soal Kondisi Politik Terkini, Apa Katanya?
Youtube PDI Perjuangan

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri angkat suara mengenai konstelasi politik yang kian memanas akhir-akhir ini.

Megawati mengatakan, hal ini perlu disampaikan ke publik setelah mendengarkan dengan seksama terhadap apa yang terjadi dalam kehidupan politik Tanah Air. Serta mempertimbangkan segala sesuatunya dengan hati nurani yang jernih sebagai kontemplasi.

Advertisement

Sebagai anak bangsa yang ikut berjuang bagi tegaknya demokrasi Indonesia, sekaligus selaku presiden ke-5 Indonesia Megawati menyebut, keputusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konsitusi (MKMK) telah memberikan cahaya terang di tengah kegelapan demokrasi.

Keputusan MKMK menjadi bukti bahwa kekuatan moral politik, kebenaran, politik akal sehat dapat tetap berdiri kokoh meski menghadapi rekayasa hukum konstitusi.

“Kita semua tentunya sangat-sangat prihatin dan menyayangkan mengapa hal tersebut sampai terjadi. Berulang kali saya mengatakan bahwa konstitusi itu adalah pranata kehidupan berbangsa dan bernegara yang harus diikuti dengan selurus-lurusnya,” katanya dalam pidato politiknya di Youtube PDI Perjuangan, Minggu (12/11).

Konstitusi menurut Megawati adalah pranata kehidupan berbangsa dan bernegara yang harus diikuti dengan selurus-lurusnya. Konstitusi tidak hanya ditaati sebagai sebuah hukum dasar tertulis. Namun konstitusi itu harus memiliki ruh.

“Ia mewakili kehendak, tekad, dan cita-cita tentang bagaimana bangunan tata pemerintahan negara disusun dan dikelola dengan sebaik-baiknya seperti yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa,” katanya.

Apa yang terjadi saat ini, mengingatkannya ketika ia sebagai Presiden Republik Indonesia saat itu, diperintahkan melalui perubahan ketiga UUD 1945 yang diatur dalam Pasal 7b, Pasal 24 ayat 2; dan Pasal 24c, tentang dibentuknya Mahkamah Konstitusi.

“Dari namanya saja, Mahkamah Konstitusi ini seharusnya sangat sangat berwibawa, memiliki tugas yang sangat berat dan penting, guna mewakili seluruh rakyat indonesia di dalam mengawal konstitusi dan demokrasi,” ucap Megawati.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement