Survei Indikator: PDIP Teratas, Disusul Gerindra dan Golkar

Lona Olavia
12 November 2023, 16:49
Survei Indikator: PDIP Teratas, Disusul Gerindra dan Golkar
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Spt.
Presiden Joko Widodo berpidato saat pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Indikator Politik Indonesia merilis survei terbaru mengenai elektabilitas partai politik jelang Pemilu 2024. PDI Perjuangan atau PDIP tampil berada pada posisi teratas dengan 24,1%, diikuti oleh Partai Gerindra 14,4% dan Golkar 9,3%.

“Per hari ini PDIP masih unggul di peringkat pertama, disusul Gerindra. Ada beberapa partai tengah yang skornya dalam margin of error antara Golkar, PKB, NasDem, PKS, Demokrat, PAN," ucap Pendiri Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei virtual “Efek Gibran dan Dinamika Elektoral Terkini”, Minggu (12/11).

Sementara ada sejumlah partai yang mendapatkan skor di bawah 4% atau di bawah parliamentary threshold (PT). Namun ia mengatakan partai tersebut belum bisa dikatakan tak lolos ke parlemen atau tidak, karena masih pada batas margin of error.

"Kita harus hati-hati membaca survei, karena pertama margin of error  2,9% plus minus. Kedua ada undecided voters. Nah biasanya kalau simulasi surat suara itu lebih mengecil, berhubung kami belum melakukan simulasi surat suara kami belum tahu. Apakah betul partai di bawah 4% otomatis tidak lolos PT atau tidak. Jadi kita tunggu, toh Pemilu masih jauh,” kata Burhanuddin.

Burhanuddin memaparkan, elektabilitas Demokrat dan NasDem sedikit naik setelah kedua partai tersebut tak bergabung lagi di Koalisi Perubahan.

"Secara umum tren belum banyak bergerak dibanding sebelumnya, kecuali partai Demokrat agak sedikit meningkat dibanding sebelumnya, NasDem juga cenderung meningkat terutama setelah Partai Demokrat keluar dari Koalisi Perubahan, yang lain cenderung sama," katanya.

Survei Indikator
Survei Indikator (Dokumen Survei Indikator)

Di sisi lain, sekitar 27,3% pemilih partai saat ini merupakan pemilih lemah, yakni yang masih besar kemungkinan merubah pilihannya. Dilihat menurut basis partai, PAN dan PDIP paling solid pemilihnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...