Hasto Jelaskan Soal Status Gibran dan Bobby di PDIP: Sudah Tutup Buku

Ade Rosman
15 November 2023, 18:56
PDIP
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers usai mengikuti rapat konsolidasi Tim Pemenangan Nasional (TPN), Ganjar-Mahfud MD di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (1/11/2023).

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya sudah tidak lagi berurusan dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebagai kader partai. Hal itu disampaikan  Hasto bersamaan dengan pernyataan bahwa PDIP telah memecat Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Menurut Hasto, Gibran dan Bobby diberhentikan lantaran memiliki sikap yang berbeda dengan keputusan partai. Gibran telah sah maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto dan mendapat dukungan dari Bobby Nasution. Sikap itu bertentangan dengan keputusan PDIP yang mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di pilpres. 

Hasto menyatakan pemberhentian Bobby dan Gibran merupakan akhir polemik urusan dukungan kader partai terhadap Gibran. Ia menyebut hubungan Bobby dengan PDIP sudah tutup buku, begitupun dengan Gibran.

"Semua, Mas Gibran juga sama, Mas Gibran sudah tutup buku, surat sudah diberikan DPC, sama isinya, yang beda hanya tanggal dan yang tandatangan, tapi substansinya sama," kata Hasto kepada wartawan di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (15/11).

Meski begitu, Hasto enggan menyebutkan mekanisme yang dilayangkan pada Gibran merupakan pemecatan atau lainnya. Ia hanya memastikan bahwa urusan PDIP dengan Gibran telah berakhir. Alih-alih memastikan soal status pemecatam Gibran ia malah menyebut tentang fokus PDIP ke depan. 

"Penegasannya seluruhnya berkonsentrasi pada pemenangan Pak Ganjar dan Prof Mahfud dengan angka 3," ujar Hasto berkelit. 

Sebelumnya, PDIP resmi memecat Walikota Medan Bobby Nasution usai memberikan dukungan pada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Pemecatan terhadap menantu Presiden Joko Widodo tersebut tertulis dalam surat DPC PDIP Kota Medan nomor 217/IN/DPC-29.B-26.B/XI/2023 tertanggal 10 November 2023, yang ditandatangani oleh Ketua DPC PDIP Medan Hasyim dan Sekretaris DPC PDIP Medan Roby Harus.

Pemecatan Bobby didasarkan alasan melanggar kode etik dan disiplin anggota partai. "Muhammad Bobby Afif Nasution tidak lagi memenuhi syarat sebagai anggota PDI Perjuangan," bunyi surat tersebut.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...