Anies Sebut Pembangunan IKN Timbulkan Ketimpangan Baru, Apa Alasannya?

Ade Rosman
23 November 2023, 00:01
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Bakal calon presiden Anies Baswedan menyampaikan materi saat menghadiri US-Indonesia Investment Summit di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan Anies Baswedan berpendapat proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan menimbulkan ketimpangan baru di sekitarnya. Pandangan itu disampaikan Anies saat hadir dalam acara Dialog Terbuka Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (22/11).

Mulanya, Anies ditanya oleh salah seorang panelis yakni Siti Zuhro mengenai pendapatnya tentang apakah IKN prospektif untuk Indonesia. Anies mengatakan, pembangunan kota baru tak akan menghasilkan pemerataan baru. Menurut Anies, pembangunan kota baru justru memunculkan ketimpangan dengan daerah sekitarnya.

"Ketika tujuan membangun kota baru dan ibu kota baru adalah dengan alasan pemerataan, maka itu tidak menghasilkan pemerataan yang baru, mengapa? Karena itu akan menghasilkan sebuah kota baru yang timpang dengan daerah-daerah di sekitarnya," kata Anies dalam acara tersebut.

Anies menganalogikan, membangun satu kota di tengah hutan itu sesungguhnya menimbulkan ketimpangan yang baru. Ia menilai, pembangunan ibu kota baru tak berkaitan dengan tujuan pemerataan pembangunan yang diharapkan. 

“Kami melihat di sini problem, karena itu ini harus dikaji secara serius karena tujuan kita Indonesia yang setara, Indonesia yang merata, argumennya sama, tapi menurut kami langkahnya bukan dengan membangun satu kota, tapi justru dengan membesarkan seluruh kota yang ada di seluruh Indonesia," kata Anies.

Calon presiden dengan nomor urut 1 itu mengatakan, bila pemerintah serius dalam upaya pemerataan maka seharusnya dilakukan pengembangan dari kota kecil ke skala menengah. Selanjutnya kota skala menengah dikembangkan menjadi kota besar dengan cara diberikan program.

"Menurut kami langkahnya bukan membangun satu kota, tapi justru dengan membesarkan semua kota yang ada di Indonesia," kata Anies. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...