Anies Janji Kunjungi Palestina Jika Terpilih Jadi Presiden

Ameidyo Daud Nasution
2 Desember 2023, 17:53
anies, palestina, anies baswedan
ANTARA FOTO/Uyu Septiyati Liman/YU
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) memberikan keterangan usai menghadiri Mubes Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) di Gereja Bethel Indonesia (GBI) Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Bakal calon presiden Anies Baswedan berjanji mengunjungi tiga negara jika terpilih menjadi presiden. Salah satu yang akan dikunjunginya jika menjadi pemimpin RI adalah Palesntina.

Anies mengatakan negara pertama yang didatangi adalah Amerika Serikat untuk berbicara dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Menurutnya, ia bisa mendapatkan keuntungan dari kehadiran di acara tersebut.

"Otomatis bisa melakukan pertemuan bilateral dengan berbagai kepala negara dalam satu kunjungan dan bukan menjadi penonton," kata Anies dalam diskusi Luar Negeri CIPF di Jakarta, Sabtu (2/12) seperti disiarkan dalam Youtube Foreign Policy Community of Indonesia.

Kedua, ia akan mengunjungi negara tetangga Indonesia jika terpilih menjadi presiden. Menurut Anies, tetangga RI merupakan sahabat terdekat sehingga harus dijangkau.

"Ketiga, saya ingin bisa datang ke tanah Palestina," katanya.

Distribusi barang bantuan kemanusiaan ke Palestina
Distribusi barang bantuan kemanusiaan ke Palestina (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut tak bisa menebak kapan Palestina bisa merdeka. Namun, Anies berjanji akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina agar bisa bebas dari belenggu penjajahan.

"Supaya kita menjadi bagian sejarah yang memperjuangkan Palestina merdeka," katanya.

Saat ini, Israel kembali menggempur Gaza usai gencatan senjata berakhir pada Jumat (1/12) pagi. Gencatan senjata awalnya dilakukan untuk saling bertukar sandera.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...