Timnas AMIN Jawab Kubu Prabowo Soal Penyebab Debat Cawapres Hilang

Amelia Yesidora
4 Desember 2023, 19:09
debat, cawapres, anies, prabowo
twitter/@saididu
Said Didu

Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar kembali merespons tudingan pernyataan kubu Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar soal penyebab ketiadaan debat calon wakil presiden. 

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Said Didu, mengatakan timnya akan tetap menginginkan ada debat cawapres. Ia menepis kabar bahwa kubu paslon nomor urut satu itu menyatukan debat capres dan cawapres.

"Bagi saya, harusnya KPU tidak membuka ruang untuk mengubah format debat di luar peraturan perundang-undangan. Walaupun ada usulan dari peserta," kata Said Didu pada wartawan di Jakarta, Senin (4/12).

Polemik komposisi debat capres-cawapres ini mengemuka usai rapat FGD yang dilaksanakan di KPU pada 29 November lalu. Said mengaku, dirinya tidak mengikuti rapat tersebut. Meski demikian, ia menjanjikan Anies dan Muhaimin hadir pada tiga debat presiden dan dua debat wakil presiden.   

Co-captain Timnas AMIN Nihayatul Wafiroh adalah salah satu perwakilan AMIN yang hadir dalam FGD tersebut. Nihayatul mengatakan, tim Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming mengusulkan format debat hanya pemaparan dan pendalaman dokumen visi misi. Ini berarti debat hanya berupa tanya-jawab paslon dengan panelis, tanpa sanggahan antar paslon. 

Silaturahim nasional relawan Garda Matahari
Silaturahim nasional relawan Garda Matahari (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.)

Nihayatul bercerita, tim Prabowo-Gibran menganggap model saling menanggapi antar paslon bakal menghabiskan banyak waktu. Akibatnya, tidak ada kesempatan menjelaskan visi dan misi masing-masing paslon.

Menurutnya, jika format ini disetujui KPU, maka akan membatasi pengenalan pemilih terhadap kualitas para paslon. Ia juga mengatakan format tersebut terkesan ingin memberikan kenyamanan pada paslon tertentu.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...