Timnas AMIN Sebut Anies Tak Bagi-bagi Jabatan Saat Jadi Gubernur DKI

Muhamad Fajar Riyandanu
6 Desember 2023, 19:45
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) melayani warganya berswafoto saat Puncak Perayaan HUT ke-495 tahun Jakarta di Jakarta International Stadium, Jakarta, Sabtu (25/6/2022). Konser malam puncak Jakarta Hajatan yang bertemakan 'Collaborate, Accele
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) melayani warganya berswafoto saat Puncak Perayaan HUT ke-495 tahun Jakarta di Jakarta International Stadium, Jakarta, Sabtu (25/6/2022). Konser malam puncak Jakarta Hajatan yang bertemakan 'Collaborate, Accelerate, Elevate' tersebut dimeriahkan oleh musisi kenamaan Tanah Air, seperti grup musik Padi, Ungu dan Wali serta penyanyi solo Reza Artamevia, Mahalini, Lea Simanjuntak dan Kojek.

Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Indra Charismiadji, memastikan pasangan yang diusungnya tidak akan melaksanakan praktik bagi-bagi jabatan jika mereka terpilih menjadi presiden dan wakil presiden periode 2024-2029. Hal itu terbukti saat Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Indra menjamin pasangan Anies-Muhaimin nantinya bakal menempatkan sosok kompeten di tiap-tiap pos strategis pemerintah. Dia mengatakan, Anies-Muhaimin merupakan tipe pejabat publik yang menganut jalan meritokrasi alias memberikan kesempatan kepada seseorang untuk memimpin berdasarkan kemampuan atau prestasi.

Dia mencontohkan Anies pernah membentuk personel Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) sebagai instrumen percepatan penyelesaian program Anies saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Karena Pak Anies juga ingin agar para PNS di organisasi perangkat daerah dan satuan kerja perangkat daerah kariernya tidak terganggu," kata Indra kepada wartawan di Rumah Koalisi Perubahan, Jakarta Selatan pada Rabu (6/12).

TGUPP sejatinya dibentuk pada era Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) pada 2012 lalu. Keberadaan TGUPP kemudian berlanjut di era Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hingga ke Anies Baswedan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...