Survei LSI: Prabowo-Gibran Unggul Jauh dari Ganjar-Mahfud, Anies-Imin

Agustiyanti
10 Desember 2023, 20:40
Prabowo, survei LSI, Prabow-gibran
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/YU
Ketua Umum Partai Gerindra yang juga calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyampaikan pidato politiknya saat menghadiri puncak perayaan HUT ke-9 Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Stadion Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (9/12/2023). Kegiatan yang diikuti ribuan simpatisan PSI se-Jawa Tengah tersebut mengusung tema Dendang Sayang PSI Menang.

Hasil survei nasional Lembaga Survei Indonesia atau LSI terbaru periode 3-5 Desember 2023 menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul jauh dibandingkan dua paslon lain peserta Pilpres 2024. 

"Pada Desember 2023 ini, survei kami menemukan bahwa pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran, itu angka elektabilitasnya atau dukungan masyarakat ada di angka 45,6%," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat memaparkan hasil survei seperti dipantau secara daring dari Jakarta, Minggu (12/12).

Pasangan calon Ganjar-Mahfud menyusul di posisi kedua dengan elektablitas 23,8%, sedangkan Anies-Muhaimin berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 22,3%.

"Angka untuk Prabowo-Gibran itu cenderung meningkat dibandingkan dengan Oktober 2023. Anies-Muhaimin juga cenderung mengalami peningkatan dibandingkan dengan Oktober 2023; sedangkan Ganjar-Mahfud cenderung turun penurunan dibandingkan dengan Oktober 2023," kata Djayadi.

Survei LSI yang dilakukan pada Oktober 2023 mendapati elektabilitas Prabowo-Gibran di angka 35,9%,  Ganjar-Mahfud 26,1%, serta Anies-Muhaimin 19,6%. Djayadi menyebut, tingkat responden yang menyatakan "belum menjawab" juga turun dari 18,3% pada Oktober menjadi 8,3% pada Desember.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...