Debat Capres: Ganjar Tantang Prabowo Adakan Dialog Atasi Konflik Papua

Ira Guslina Sufa
12 Desember 2023, 20:48
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kedua kanan) dan Muhaimin Iskandar (kanan) bersama pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kiri) serta pasangan Capres dan Cawapres nomo
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/nz.
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kedua kanan) dan Muhaimin Iskandar (kanan) bersama pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kiri) serta pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (ketiga kanan) dan Mahfud MD (kedua kiri) sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik yang diangkat adalah masalah pemerintahan, hukum HAM, pembe

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menanyakan keseriusan Prabowo Subianto dalam menyelesaikan konflik yang terjadi di Papua. Menurut Ganjar persoalan Papua harus diselesaikan sampai akar supaya tidak terus terjadi. 

Hal itu disampaikan Ganjar menanggapi pernyataan Prabowo yang mengatakan bahwa persoalan Papua merupakan hal yang rumit lantaran terjadi separatisme. Selain itu Prabowo menyebut adanya campur tangan asing di Papua. 

“Rasa-rasanya tidak cukup Pak Prabowo. Karena dialog menurut saya menjadi sesuatu yang penting agar seluruh kekuatan yang ada di sana, seluruh kelompok yang ada di sana bisa duduk bersama untuk menyelesaikan itu,” ujar Ganjar menanggapi Prabowo dalam debat capres hari pertama, Selasa (12/12). 

Sebelumnya Ganjar mengatakan penyelesaian Papua diperlukan dengan penegakan hukum, memperkuat aparat, dan mempercepat pembangunan ekonomi. Prabowo juga sempat menyebut Presiden Joko Widodo adalah presiden RI yang paling banyak membangun di papua. 

"Kalau tidak salah sudah 19 kali ke Papua dan peningkatan pertumbuhan ekonomi di bawah Jokowi paling pesat dan tinggi sepanjang sejarah Indonesia," ucapnya.

Pada debat perdana hari ini, tema yang akan dibahas adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...