Ganjar Tak Puas Jawaban Prabowo saat Debat Soal HAM: Tidak Tegas

Ameidyo Daud Nasution
13 Desember 2023, 18:03
ganjar, prabowo, ham
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyampaikan visi misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menilai Prabowo Subianto tak tegas menjelaskan kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat di masa lalu. Pertanyaan soal kasus HAM sempat dilontarkan Ganjar kepada Prabowo saat debat capres pada Selasa (12/12).

Ganjar juga mengaku tak puas atas jawaban yang diberikan Prabowo. Ia mengaku heran, apalagi menurutnya Prabowo merupakan sosok yang lugas memberikan pernyataan.

"Biasanya anda itu terkenal tegas, tapi hari ini anda tidak tegas sama sekali," kata Ganjar di Jakarta, Rabu (13/12) dikutip dari Antara.

Ganjar mengatakan dirinya tak bermaksud tendensius kepada Prabowo saat bertanya soal HAM. Ia menjelaskan pertanyaan yang disampaikan hanya memastikan agar capres yang ikut pemilu tak dikaitkan dengan kasus HAM.

"Tapi karena (Prabowo) tidak menjawab, it's okay. (Tapi) ini akan keluar terus karena tak pernah ada keputusan," katanya.

Debat perdana Capres Cawapres
Debat perdana Capres Cawapres (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU)

Dalam debat, Ganjar sempat menyinggung 12 kasus pelanggaran HAM berat mulai peristiwa 1965 hingga Wamena 2003. Ia lalu bertanya kepada Prabowo apa komitmen capres nomor urut 2 itu untuk menyelesaikan kasus hak asasi manusia.

"Apakah bapak bisa membantu di mana kuburnya yang hilang agar mereka (keluarga korban) bisa berziarah," tanya Ganjar ke Prabowo.

Dapat pertanyaan tersebut, Prabowo langsung memberikan penjelasan. Ia mengaku sudah berkali-kali ditanya mengenai penyelesaian masalah HAM.

"Jadi masalah HAM jangan dipolitisasi, Mas Ganjar," kata Prabowo.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...