Jokowi Akan Resmikan Ekspansi Smelter Freeport Hari Ini

Ameidyo Daud Nasution
14 Desember 2023, 11:01
jokowi, smelter, freeport
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/nym.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kiri), Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi (kedua kiri), Menko PMK Muhadjir Effendy (kedua kanan) berbincang dengan warga dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) saat meninjau Gudang Bulog Bondasari, Wiradesa, Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023).

Presiden Joko Widodo hari ini akan meresmikan ekspansi PT. Smelting di Gresik, Jawa Timur. Smelter ini merupakan fasilitas pengolahan milik PT Freeport Indonesia.

Dalam keterangan tertulis, Jokowi bertolak dari Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah pada pukul 07.10 WIB. Tiba di Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Malang, Presiden langsung menuju Kota Batu untuk meresmikan Pasar Induk Among Tani.

Setelah itu, Jokowi menuju Kota Malang untuk meresmikan tiga proyek Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Ketiganya adalah TPA Supit Urang di Kota Malang, TPA Jabon di Kabupaten Sidoarjo, dan TPA Banjardowo di Kabupaten Jombang.

Setelah itu, Jokowi akan mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan di Malang untuk memantau pembelajaran. Mantan Wali Kota Solo itu juga akan membagikan BLT El Nino serta bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) di Kota Apel.

Sore harinya, Jokowi akan menuju Kabupaten Gresik untuk meresmikan ekspansi PT Smelting. Turut menyertai kunjungan Presiden ke Jawa Timur yakni Panglima TNI Agus Subiyanto.

PT Freeport Indonesia (PTFI) telah merampungkan ekspansi pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga PT Smelting. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan smelter tersebut akan mulai beroperasi kembali pada Kamis (14/12). “Kamis ini, smelter tersebut akan dibuka,” tulis Erick dalam akun instagram pribadinya pada Selasa (12/12).

Dia mengabarkan dua petinggi Freeport McMoran, Richard Adkerson dan Kathleen Quirk telah tiba di Indonesia untuk meresmikan operasi smelter tersebut.

Proyek ekspansi ini menambah kapasitas pengolahan konsentrat tembaga smelter menjadi 1,3 juta metrik ton per tahun dari sebelumnya 1 juta metrik ton.

“Ini akan diresmikan dan mulai beroperasi di tanggal 15 Desember 2023," kata Presiden Direktur Freeport Tony Wenas melalui keterangan resmi pada Senin (13/11).


Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...