Jelang Debat Cawapres, Bagaimana Persiapan Muhaimin, Gibran dan Mahfud

Ade Rosman
21 Desember 2023, 11:49
Debat cawapres
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar (kanan), berbincang dengan Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka (kir) dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Tiga calon wakil presiden akan melakoni debat perdana yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat (22/12) malam. Mereka adalah Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. 

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan debat akan berjalan dalam enam segmen dengan durasi 120 menit. Adapun tema yang akan dibahas dalam debat itu melingkupi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, pajak dan tata kelola APBN/APBD, lalu soal investasi, perdagangan, infrastruktur, serta perkotaan.

Lantas bagaimana persiapan para cawapres jelang debat perdana besok?

Persiapan Debat Cawapres Muhaimin Iskandar

Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar mengatakan salah satu persiapannya menghadapi debat dengan cara membaca ulang visi misi Anies-Muhaimin (AMIN) terkhusus di bindang ekonomi.

"Yang saya persiapkan membaca-baca lagi semua visi-misi AMIN, terutama di bidang ekonomi," katanya di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (19/12).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan, presentase program memajukan perekonomian Indonesia yang tertuang dalam buku visi misi AMIN memiliki komposisi sebanyak 60 persen.

Persiapan Debat Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Wali kota Solo sekaligus putra Presiden Joko Widodo itu mengatakan telah mendapatkan sejumlah masukan dari Tim Kampanye Nasional (TKN) terkait debat yang akan digelar besok tersebut.

Di sisi lain, Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid mengklaim Gibran sudah sangat siap untuk berdebat sejak KPU menjadwalkan debat pertama untuk calon presiden.

"Untuk debat kedua ini (Gibran) sudah sangat siap, wong debat pertama saja sudah siap apalagi debat kedua," kata Nusron di sela menghadiri Konsolidasi Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Daerah Istimewa Yogyakarta Selasa (19/12).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...