Buntut Aksi Gibran, KPU Siapkan Pengendali Suasana Arena Debat

Ade Rosman
21 Desember 2023, 18:57
gibran, debat, cawapres
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wpa/YU
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah), Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan petugas khusus yang bertugas mengendalikan suasana di area debat agar terciptanya ketertiban. Hal ini untuk mencegah aksi seperti yang dilakukan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka terulang.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan akan ada Liaison officer yang bertugas untuk mengendalikan suasana di tiap paslon. "Untuk menjaga ketertiban bersama disepakati masing-masing tim pasangan calon kemudian ada LO di arena debat," kata Hasyim dalam konferensi pers di kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (21/12).

Hasyim mengatakan, keputusan itu usai KPU melakukan rapat evaluasi bersama seluruh tim pasangan calon dengan media penyelenggara. Hasyim mengatakan, nantinya LO tersebut akan berasal dari tim pasangan calon, bukan dari pihak KPU.

"Kemudian itu dijadikan bahan untuk catatan-catatan menata ulang suasana dalam debat yang kedua," katanya.

Hasyim pun mengungkapkan terdapat sejumlah perbedaan dalam debat cawapres nanti. Nantinya calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka akan memaparkan visi misi pertama. Berbeda dengan pada debat capres yang dimulai dengan kandidat nomor urut 1.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...