Daftar 17 Program Unggulan Duet Ganjar - Mahfud Hadapi Pilpres 2024

Ade Rosman
22 Desember 2023, 11:53
Ganjar
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/Spt.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo memberikan materi saat acara festival Teman Cerita di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menawarkan sejumlah program unggulan untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi 7%. Sejumlah program yang ditawarkan untuk menjauhkan Indonesia dari jebakan kelas menengah menjadi negara berpendapatan tinggi pada tahun 2045.

Berdasarkan dokumen rekomendasi program unggulan Ganjar-Mahfud, pasangan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, Perindo, dan Hanura itu beranggapan terdapat tiga isu utama yang dihadapi mayoritas pemilih saat ini.

Pertama, masalah harga yang tidak stabil dan terjangkau, baik kebutuhan primer maupun sekunder. Kemudian permasalahan pekerjaan, dan ketiga dalam hal kepastian hukum. Berdasarkan hal itu, Ganjar-Mahfud memetakan persoalan prioritas dengan tiga hal yakni Sehat, Terampil, dan Berdaya.

Untuk kategori sehat, Ganjar-Mahfud beranggapan kebutuhan paling mendasar untuk menuju masyarakat sejahtera yakni masyarakat yang sehat. Cara mewujudkannya dimulai dari pemenuhan kebutuhan primer hingga tindakan pencegahan dan pengobatan melalui fasilitas kesehatan yang terjangkau.

Lalu terampil, menurut pasangan Ganjar-Mahfud mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan amanat konstitusi yang menjadi perhatian utama. Ganjar-Mahfud berpandangan keterampilan adalah kunci untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Kemudian berdaya. Pada kategori ini pasangan nomor urut 3 itu berpandangan masyarakat yang sehat dan terampil memerlukan kesempatan yang setara untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Caranya melalui pemberdayaan setiap kalangan masyarakat dan aktivitas ekonomi.

Ganjar-Mahfud menggunakan akronim GASPOL untuk fondasi program unggulan mereka. GASPOL merupakan akronim dari Gandakan Anggaran melalui ketersediaan anggaran belanja yang efektif berdasarkan skala prioritas. Selain itu mereka menyasar peningkatan pendapatan dari aktivitas ekonomi yang berkembang. 

Juga ada program korupsi, kolusi, dan nepotisme untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan terpercaya. Ada juga komitmen untuk polesi birokrasi dengan digitalisasi untuk mempercepat dan mempermudah proses birokrasi.

Melansir dokumen rekomendasi program unggulan Ganjar-Mahfud, berikut sejumlah program yang ditawarkan pasangan capres-cawapres nomor urut 3 tersebut:

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...