Urutan Pelaksanaan Debat Cawapres, Gibran Tampil Pertama Bahas Ekonomi

Ade Rosman
22 Desember 2023, 18:00
Debat
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar (kanan), berbincang dengan Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka (kir) dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Tiga calon wakil presiden akan melakoni debat perdana yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Center, Jumat (22/12) malam. Tema yang akan dibahas melingkupi isu ekonomi.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari sebelumnya pun telah mengungkapkan debat cawapres akan sama dengan debat capres yang dibagi ke dalam enam segmen. Adapun rincian acara debat cawapres sebagai berikut.

Debat dibuka oleh Berbagai Hasyim, dilanjutkan dengan moderator yang memperkenalkan para panelis debat. Setelah pembacaan tata tertib dan perkenalan calon wakil presiden, kandidat nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mendapatkan kesempatan pertama untuk menyampaikan visi misinya. 

Setelah Gibran, selanjutnya giliran cawapres nomor urut 3 Mahfud MD, dan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar. Masing-masing kandidat diberi waktu 4 menit untuk memaparkan visi misinya.

Pembagian Segmen Debat Cawapres

Masuk pada segmen kedua yakni pendalaman visi misi program kerja kandidat. Pada segmen ini, moderator akan mengarahkan panelis untuk mengundi pertanyaan yang akan diajukan pada kandidat. 

Urutannya, Mahfud menjawab pertama lalu ditanggapi Muhaimin dan Gibran. Kemudian Mahfud akan menjawab kembali tanggapan dari kandidat lainnya. Adapun, urutan pada segmen ini yakni, cawapres nomor urut 3, lalu nomor urut 1 dan kemudian nomor urut 2. Duraasinya, 2 menit untuk menjawab dan 1 menit untuk saling menanggapi antar kontestan.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...