Mahfud Sebut Belum Ada Investasi Masuk IKN, Bagaimana Kenyataannya?

Ameidyo Daud Nasution
23 Desember 2023, 00:05
mahfud, ikn, investasi
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) memberikan keterangan pers usai debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Calon presiden nomor urut 3 Mahfud MD menyinggung soal pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Mahfud mengatakan hingga saat ini belum ada investor yang masuk ke ibu kota baru.

Hal ini disampaikan Mahfud merespons pernyataan Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres. Gibran awalnya menyinggung soal peran anggaran negara yang tak banyak untk membangun IKN.

Mahfud lalu merespons dengan meminta Gibran menyebutkan siapa investor yang masuk IKN. "Sejauh yang saya baca, sampai sekarang belum ada investor yang masuk ke sana," kata Mahfud di JCC, Jakarta, Jumat (23/12).

Sedangkan Gibran merespons dengan meminta Mahfud untuk mencari tahu kondisi terkini investasi di ibu kota baru. Ia lalu menyebut beberapa investor yang masuk.

"Sudah banyak yang masuk, Mayapada, Agung Sedayu," kata Gibran.

Bagaimana kondisi terakhir investasi di IKN?

Otorita IKN mengatakan saat ini investasi yang masuk ke ibu kota mencapai Rp 41,1 triliun. Jumlah investasi ini terbagi dalam beberapa kali groundbreaking.

Pada gelombang pertama yakni September 2023, nilai investasi yang masuk mencapai Rp 23 triliun. Sedangkan pada groundbreaking kedua, investasi yang tercatat mencapai Rp 13,1 triliun. Sisanya masuk pada groundbreaking tahap ketiga pada Desember 2023.

Berikut sejumlah proyek yang sudah groundbreaking:

1. Hotel Nusantara

Groundbreaking Hotel Nusantara di IKN telah dilakukan pada Kamis (21/9). Hotel berbintang lima itu dikembangkan oleh konsorsium yang dipimpin Agung Sedayu Group milik pengusaha Sugianto Kusuma alias Aguan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...