Timnas AMIN: Indra Charismiadji Ditahan Atas Dugaan Penggelapan Pajak

Ira Guslina Sufa
27 Desember 2023, 21:46
Timnas Anies - Muhaimin Timnas AMIN
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.
Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kelima kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kiri) bersama pendukungny berdoa saat konsolidasi Tim Pemenangan Anies-Muhaimin (Amin) di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Ketua Tim Hukum pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar Ari Yusuf Amir merespons penahanan juru bicara Timnas AMIN Indra Charismiadji oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Timur pada Rabu (27/12). Menurut Ari timnas sebelumnya sudah pernah mendengar Indra tersangkut dalam perkara pajak yang kini menjeratnya.

 “Kasusnya selama ini ditangani oleh pajak, lalu masalahnya tidak besar hanya Rp 1,1 miliar diduga penggelapan pajak di perusahaan yang dia sudah tidak lagi sebagai apapun,” ujar Ari dalam keterangan kepada wartawan. 

Ari kemudian menjelaskan persoalan pajak yang kini tengah dihadapi Indra sebenarnya tengah dicarikan solusinya. Di perjalanan kasus itu dilimpahkan ke kejaksaan dan pada hari yang sama Indra langsung ditahan. 

Menurut Ari tim hukum AMIN akan memberikan pendampingan kepada Indra. Ia berharap proses hukum bisa dijalankan dengan adil dan transparan. Ia menyerahkan kepada publik untuk menilai sendiri bagaimana kasus tersebut ditangani. 

“Biar publik menilai, biar hukum menilai pengadilan yang menentukan tapi harapan kami jangan ada unsur politisasi dalam kasus ini,” ujar Air. 

Yakin Tak Pengaruhi Elektabilitas

Adanya dugaan penggelapan pajak yang menyeret Indra dibenarkan pula oleh Juru Bicara Timnas AMIN, Iwan Riadi Tarigan. Menurut Iwan, kasus itu sebelumnya juga telah ditelusuri oleh Timnas. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...