Prabowo Sebut Utang Tak Ganggu Kedaulatan, Ganjar: No Utang No Usang

Ade Rosman
7 Januari 2024, 20:49
Ganjar
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (kiri) menyampaikan pendapat disaksikan capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menilai pembiayaan utang untuk pembangunan merupakan hal yang lumrah. Termasuk penggunaan utang untuk pengadaan alat utama sistem persenjataan atau alutsista. Menurut Prabowo hal itu dimungkinkan selama bisa dikelola dengan tepat. 

“Dengan manajemen dan pengelolaan yang baik dan strategi ekonomi yang tepat, terutamanya dengan hilirisasi keuntungan sebagai bangsa ini memperkuat posisi tawar bangsa,” ujar Prabowo saat menjabat pertanyaan dari panelis pada debat capres yang berlangsung, Minggu (7/1). 

Menurut  Prabowo utang luar negeri dimungkinkan selama tidak mengganggu rasio keuangan. Menurut dia saat ini utang Indonesia yang berada pada angka 40% dari PDB masih terkendali. 

“Saya kok tidak terlau khawatir negara lain mau intervensi soal utang, Kita sangat dihormati dan kita tidak pernah default, kita tidak pernah gagal hutang. Dan saya sangat optimistis  tapi kembali kita harus punya kekuatan pertahanan yang kuat agar tidak bisa diintervensi,” ujar Prabowo. 

Prabowo pun berkeyakinan pengadaan kekuatan pertahanan yang kuat agar tidak ada intervensi dari daerah lain. Ia pun mengatakan utang tidak akan membuat pertahanan dan keamanan Indonesia bisa dengan mudah diintimidasi oleh pihak lain. 

“Ya, saya tegaskan kembali bahwa pelajaran sejarah manusia yang lemah akan selalu ditindas, lihat saja Gaza kita tidak boleh lemah, dilindas oleh negara lain,” ujar Prabowo. 

Tanggapan Anies dan Ganjar 

Menanggapi pernyataan Prabowo, calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan bahwa pemerintah tetap harus hati-hati dengan utang. Hal itu lantaran utang bisa saja menjadi bumerang apabila digunakan untuk infrastruktur yang punya resiko tinggi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu, Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...