Janji Anies: Beri Hadiah Layak pada Pemburu Koruptor

Ade Rosman
17 Januari 2024, 21:56
anies, korupsi, kpk
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wpa.
Capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kedua kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) menyalami capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Gibran Rakabuming Raka (kiri) usai menyampaikan paparan saat menghadiri Penguatan Anti Korupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024).
Button AI Summarize

Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berjanji akan memberikan hadiah bagi para pemburu koruptor ketika ia menjabat sebagai presiden. Hal itu, merupakan salah satu upaya Anies memberantasn korupsi.

Anies mengatakan hal itu dalam acara Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Berintegritas (Paku Integritas) yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (17/1) malam.

"Kemudian kita memberikan hadiah yang layak bagi pemburu koruptor. Semua pihak yang memburu dapat reward yang setara," kata Anies dalam pemaparannya.

Anies mengatakan, ia berkomitmen untuk mengembalikan KPK menjadi institusi yang memiliki kekuatan dan kemampuan untuk menindak korupsi. Aspek pendukungnya, kata Anies, pertama melalui undang-undang yang mengaturnya.

"Agar KPK berwibawa lagi seperti dulu. Artinya merevisi UU KPK, harapannya mengembalikan posisi KPK," katanya.

Kemudian, Anies menyebut perlunya menerapkan standar etika yang tinggi di tubuh KPK. Ia berharap pimpinan dan seluruh staf komisi antirasuah itu bekerja dengan standar etik yang tinggi.

Anies menyebut perlunya mencari awak lembaga antirasuah yang tak hanya menganggap sebagai ladang pekerjaan. Oleh sebab itu, pembenahan dalam rekrutmen pegawai KPK diperlukan.

Selain itu, Anies juga berjanji memiskinkan koruptor. "Kami melihat perlunya kita tuntaskan RUU perampasan aset. Koruptor harus dimiskinkan," katanya. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...