Poin Penting dan Tema Debat Keempat, KPU Lakukan Sejumlah Penyesuaian

Ira Guslina Sufa
21 Januari 2024, 13:11
Debat
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym.
Ketua KPU Hasyim Asy’ari (kiri) berbincang dengan komisioner KPU August Mellaz (kanan) di sela konferensi pers terkait persiapan debat keempat Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (19/1/2024).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat keempat pemilihan presiden atau pilpres 2024. Debat yang digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu malam, mulai pukul 19.00 WIB diikuti oleh tiga calon wakil presiden yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Debat yang diikuti oleh ketiga cawapres ini menjadi momen debat kedua setelah sebelumnya bertemu pada Jumat (22/12) dengan tema seputar ekonomi. Untuk keempat kali ini cawapres akan membahas tema terkait energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Debat cawapres tersebut akan dipandu oleh dua moderator, yakni Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar. Kemudian, ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk ketiga cawapres peserta Pilpres 2024.

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan cawapres Muhaimin Iskandar akan menjadi peserta pertama yang akan memaparkan visi dan misi saat debat keempat tersebut. Muhaimin akan ditempatkan di posisi tengah, antara Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

"Nanti, di debat keempat, urutan untuk penyampaian visi dan misi akan dimulai dari pasangan calon nomor urut 1; sedangkan untuk posisi, nanti kalau tidak salah itu, pasangan calon nomor urut 1 di tengah. Itu sudah diatur," kata Mellaz seperti dikutip Minggu (21/1). 

Mellaz menjelaskan pemilihan Balai Sidang JCC Senayan sebagai tempat debat keempat ialah karena ketersediaan lokasi dan tim dari masing-masing pasangan calon telah akrab dengan tempat tersebut. Lokasi di JCC menurut Mellaz membantu tidak hanya pasangan calon tetapi juga penyelenggara. 

Selain itu, masing-masing naradamping atau liaison officer (LO) pasangan calon presiden dan wakil presiden akan dibekali protofon atau handy talkie (HT) pada debat keempat. HT tersebut akan dipegang oleh "super LO" yang memiliki akses penuh, tim KPU RI, hingga media penyelenggara. Penggunaan HT itu untuk mempermudah komunikasi dalam mengawasi jalannya debat.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora, Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...