Muhaimin Singgung Tambang Ilegal Saat Debat, Mahfud: Banyak Mafianya

Nur Hana Putri Nabila
21 Januari 2024, 21:21
Debat
Katadata
Debat
Button AI Summarize

Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyinggung soal banyaknya tambang ilegal yang masih ada di Indonesia. Menurut Muhaimin keberadaan tambang ilegal itu tidak bisa dipisahkan dari adanya pelaksanaan hilirisasi yang tidak terencana. 

“Tambang yang ilegal saja tidak membawa kesejahteraan, proses bisnis tambang kita hilirisasi ugal-ugalan,” ujar Muhaimin saat menanggapi paparan calon wakil presiden nomor urut 2 Mahfud MD dalam debat yang berlangsung Minggu (21/1). 

Menurut Muhaimin hilirisasi di sektor tambang yang saat ini dilakukan justru tidak menguntungkan masyarakat di sekitar tambang. Hal itu menurut dia terlihat dari banyaknya tenaga kerja asing yang ada di proyek tambang. 

“Hilirisasi apa yang kita lakukan tapi kemiskinan masih berlanjut,” ujar Muhaimin. 

Sebelumnya Mahfud mengatakan dalam persoalan korupsi pertambangan perlu dilakukan pembenahan regulasi dari hulu ke hilir. Menurut dia salah satu caranya adalah dengan mendorong adanya informasi yang terkelola dengan baik. Dengan begitu akan terlihat mana tambang yang ilegal dan mana yang sudah sesuai aturan. 

Mahfud mengkritik selama ini belum ada kesatuan data dalam sektor tambang sehingga membuka ruang terjadinya penyimpangan. “Tidak ada penyelesaian yang menyentuh, ini menjadi penting keterbukaan informasi tentang data. Data itu menjadi basis untuk penyelesaian,” ujar Mahfud. 

Halaman:
Reporter: Rena Laila Wuri, Nur Hana Putri Nabila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...