Persamaan Gibran dan Jokowi saat Debat, Sama-sama Gunakan Istilah

Ameidyo Daud Nasution
22 Januari 2024, 16:06
gibran, jokowi, debat
ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (kanan) menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024).
Button AI Summarize

Rangkaian debat calon wakil presiden telah berakhir pada Minggu (22/1). Dalam debat, nama Gibran kembali menjadi sorotan usai kembali menggunakan istilah yakni Greenflation saat berdebat dengan Mahfud MD.

Pertanyaan ini sempat membuat moderator menegur Gibran karena menggunakan istilah. Setelah jeda sejenak, Wali Kota Solo itu pun memutuskan untuk menjelaskan pertanyaannya.

“Ini tadi saya tidak jelaskan karena beliau (Mahfud) kan profesor. Greenflation adalah inflasi hijau, sesimpel itu” ujarnya.

Meski demikian, jurus Gibran ini bukan barang baru. Sang ayah, Presiden Joko Widodo juga pernah menggunakan istilah saat berdebat dengan Prabowo Subianto pada 2019 silam.

Debat Capres I 2019
Debat Capres I 2019 (Arief Kamaludin | Katadata)

Saat itu, Jokowi bertanya kepada Prabowo, infrastruktur apa yang akan dibangun Ketua Umum Partai Gerindra itu untuk mengembangkan unicorn. Istilah ini merujuk kepada usaha rintisan dengan valuasi US$ 1 miliar.

Prabowo yang tampak tidak terlalu memahami maksud istilah unicorn pun kembali bertanya sebelum menjawab. "Maksudnya apa itu? Yang online-online itu ya, Pak?" ujar Prabowo dalam debat capres tanggal 17 Februari 2019 silam.

Penggunaan istilah telah digunakan Gibran sejak debat pertama cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023. Saat itu, ia bertanya kepada Muhaimin Iskandar soal peringkat Indonesia di SGIE atau State of the Global Islamic Economy.

Muhaimin yang mendapatkan pertanyaan tersebut menjawab bahwa ia tidak paham dengan SGIE. “Terus terang SGIE itu saya tidak paham. SGIE itu apa?” tanyanya.

Gibran lalu menjawab dengan mengkritik Muhaimin yang tidak paham mengenai SGIE. "Mohon maaf kalau agak sulit ya Gus,” kata Gibran.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...