Hasil Survei Elektabilitas Capres di Jawa, Siapa Kuasai Lumbung Suara?

Ira Guslina Sufa
2 Februari 2024, 08:32
hasil Survei capres terbaru
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wpa.
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan (tengah) berbincang dengan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) serta capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024).
Button AI Summarize

Survei elektabilitas calon presiden yang digelar sejumlah lembaga menunjukkan peta dukungan di Pulau Jawa masih dinamis di pemilihan presiden atau pilpres 2024. Pemilih di pulau yang menjadi penyumbang 56% suara untuk pemilu secara nasional ini memiliki preferensi berbeda di setiap wilayah. 

Merujuk sejumlah hasil survei capres terbaru masing-masing tim pemenangan berjuang dengan target masing-masing. Pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka meski menang di seluruh lembaga survei memiliki target besar. Pasangan yang didukung Partai Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional, Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Bulan Bintang, Garuda, Gelora, dan Prima ini ingin memastikan menang dalam satu putaran pilpres. 

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengklaim berdasarkan riset internal elektabilitas pasangan Prabowo - Gibran terus naik. Untuk bisa menang satu putaran pasangan nomor urut 2 ini harus meraih minimal 50% suara dan tersebar minimal di 20% suara di setiap provinsi. 

"Saat sekarang untuk kemenangan Prabowo-Gibran di berbagai daerah sudah di atas 60 (persen)," kata Airlangga usai menghadiri kegiatan Konsolidasi Pemenangan Partai Golkar Provinsi Sulawesi Selatan di Makassar, Kamis (1/2).

Dia juga mendorong target perolehan suara pasangan Prabowo-Gibran dalam pemilihan presiden mendatang mencapai 80 persen. Berbagai daerah pemilihan di pulau Jawa diharapkan bisa menjadi lumbung suara. 

Dengan komposisi ini tim Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD berusaha mencuri suara untuk lolos ke babak kedua. Persaingan pasangan Anies - Muhaimin dan Ganjar - Mahfud masih ketat lantaran menurut sejumlah lembaga survei mereka masih saling berebut posisi di tempat kedua untuk memastikan tiket bila Prabowo - Gibran tak lolos dalam satu putaran. 

Rincian Jumlah Pemilih di Setiap Provinsi di Pulau Jawa 

Berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dirilis Komisi Pemilihan Umum jumlah total pemilih di Pulau Jawa mencapai 115 juta pemilih dari total pemilih nasional yang berjumlah 204,8 juta. Pemilih terbanyak berada di Jawa Barat dengan 35,7 juta suara. 

Provinsi kedua dengan jumlah suara besar adalah Jawa Timur dengan 31,4 juta pemilih diikuti Jawa Tengah dengan 28 juta pemilih. Sedangkan Banten, DKI Jakarta dan DI Yogyakarta masing-masing dengan pemilih di bawah 10 juta. 

Berikut daftar lengkap jumlah pemilih terdaftar DPT di Jawa 

  • Jawa Barat: 35.714.901 pemilih
  • Jawa Timur: 31.402.838 pemilih
  • Jawa Tengah: 28.289.413 pemilih
  • Banten: 8.842.646 pemilih
  • DKI Jakarta: 8.252.897 pemilih 
  • DI Yogyakarta: 2.870.974 pemilih 
  • Total pemilih di Pulau Jawa: 115.373.669 pemilih

Rangkuman Hasil Survei Elektabilitas Capres Anies, Prabowo dan Ganjar di Pulau Jawa 

Prabowo hadiri kampanye akbar Partai Demokrat di Malang
Prabowo hadiri kampanye akbar Partai Demokrat di Malang (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.)

 

Hasil Survei Elektabilitas Capres Terbaru dari LSI Denny JA

Survei terbaru yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan tren suara pasangan Prabowo - Gibran terus naik. Merujuk survei yang digelar pada 16-26 Januari 2024 terhadap 1.200 responden dengan metode tatap muka, pasangan nomor urut 1 ini unggul di pulau Jawa. 

Dari tiga provinsi terbesar yaitu Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah, Prabowo-Gibran unggul di Jawa Barat. Untuk Jawa tengah keunggulan masih dipegang Ganjar-Mahfud. Dari sisi kesukuan untuk total pemilih nasional Prabowo-Gibran unggul di Jawa dengan 49.3%, Sunda (55.0%), Melayu (59.7%), Bugis (75.3%), Batak (47.2%), dan suku lainnya (53.9%).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...