Mahfud Mengundurkan Diri dari Kabinet, Siapa Penggantinya?

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Februari 2024, 11:46
mahfud, jokowi, menko polhukam
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/Spt.
Menko Polhukam Mahfud MD (tengah) berswafoto dengan wartawan usai konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (1/2/2024).
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD telah mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo. Saat ini, Jokowi masih mencari pengganti mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Kendati sudah menyiapkan ketetapan pemberhentikan Mahfud dari Menkopolhukam, Jokowi belum memberitahu siapa sosok yang akan ditunjuk untuk meneruskan kepemimpinan di Kementerian Polhukam.

"Belum. Beri waktu sehari, dua hari, tiga hari. Kan baru kemarin sore (menyampaikan surat pengunduran diri)," ujar Jokowi  kepada wartawan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Jumat (2/2).

Jokowi juga belum memberikan keterangan lanjutan mengenai kekosongan posisi pimpinan Kementerian Polhukam. Dirinya masih menimbang apakah kursi tersebut akan diduduki langsung oleh Menteri Koordinator Polhukam definitif atau menugaskan menteri sementara atau ad interim.

"Ya nanti dilihat," ujar Jokowi.

 Jokowi telah menyiapkan surat Keputusan Presiden (Keppres) selaku instrumen formal untuk menyetujui pengajuan undur diri Mahfud MD dari jabatannya sebagai Menteri. "Pagi hari ini keppresnya kami siapkan," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...