Viral Temuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia, KPU Kirim Tim Pengusut

Ira Guslina Sufa
7 Februari 2024, 14:04
surat suara pemilu KPU
Katadata
Ilustrasi surat suara Pemilu 2024
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengirim tim untuk menelusuri surat suara pemilu 2024 yang sudah tercoblos lebih dulu di Malaysia. Anggota KPU Idham Holik mengatakan KPU akan mendalami temuan itu untuk memastikan pemilu berjalan lancar. 

"Kami akan mengirim tim untuk melakukan pendalaman terhadap semua informasi berkenaan dengan pelaksanaan pemungutan suara di Malaysia, baik pemungutan suara pos maupun Kotak Suara Keliling (KSK)," kata Idham seperti dikutip Rabu (7/2). 

Idham mengatakan sampai saat ini KPU belum dapat mengonfirmasi kebenaran surat suara yang diduga sudah tercoblos lebih dulu itu. Karena itu, komisi akan mengecek terkait keaslian surat suara itu.

"Itulah fungsi dari tim yang akan diturunkan ke Panitia Pemilih Luar Negeri (PPLN) Malaysia. Segera," ujar Idham.

Sebelumnya, beredar video yang menunjukkan surat suara pileg dan pilpres Pemilu 2024 telah tercoblos di Malaysia. Untuk surat suara Pilpres 2024, dalam video tersebut tampak dicoblos untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka Habiburokhman menyatakan akan segera mengirimkan tim pencari fakta. Tim akan mengusut dugaan kecurangan pemilu berupa pencoblosan surat suara secara ilegal di Malaysia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...