Aturan Libur Nasional di Hari Pemilu, Ini Ketentuan Lembur Pekerja

Ira Guslina Sufa
13 Februari 2024, 10:12
pemilu
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/rwa.
Warga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara saat simulasi Pemilu 2024 di Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (30/1/2024).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum menetapkan pelaksanaan Pemilu 2024 digelar pada Rabu (14/2). Pada hari itu pemilih yang sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap akan menggunakan suara untuk memilih calon presiden dan calon wakil presiden, calon legislatif di Dewan Perwakilan Daerah tingkat kabupaten/kota dan provinsi, serat calon Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah di Senayan. 

Para pekerja yang bekerja pada hari pemungutan suara saat Pemilu berhak mendapatkan upah lembur. Pemerintah sendiri telah menetapkan libur nasional pada hari Pemilu sesuai dengan Pasal 167 ayat 3 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Pasal 167 ayat 3 UU Pemilu menyatakan bahwa pemungutan suara dilaksanakan secara serentak pada hari libur atau hari yang diliburkan secara nasional. Hal ini bertujuan agar pada hari pencoblosan, masyarakat lebih mudah untuk menggunakan hak pilihnya.

Ketentuan  libur pada hari pencoblosan juga telah ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 10 tahun 2024. Keputusan itu ditandatangani pada 6 Februari 2024. 

“Menetapkan hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 sebagai hari libur nasional dalam rangka Pemilihan Umum Tahun 2024,” tulis Presiden dalam keputusan seperti dikutip Selasa (13/2). 

Pemerintah tidak hanya memastikan hak suara masyarakat, tetapi juga memastikan hak pekerja terpenuhi. Kementerian Ketenagakerjaan telah menetapkan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pelaksanaan Hari Libur Bagi Pekerja/Buruh pada Hari dan Tanggal Pemungutan Suara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...