Ketua PBNU Gus Yahya: NU Siap Dukung Pemerintahan Prabowo - Gibran

Mela Syaharani
28 April 2024, 17:52
Prabowo
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Terpilih Prabowo Subianto (kanan) berjalan bersama Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar (kiri) saat menghadiri halalbihalal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Kantor PBNU, Jakarta, Minggu (28/4/2024). PBNU menggelar halalbilahalal yang dihadiri Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka serta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dan duta besar negara sahabat.
Button AI Summarize

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf menyatakan bahwa PBNU akan mendukung Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Dengan begitu, kata lelaki yang akrab disapa Gus Yahya ini, NU akan selalu mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran untuk ke depannya. 

"Ini soal politik, namun motivasinya untuk kemaslahatan masyarakat, karena tanggung jawab imam adalah mengupayakan kemaslahatan rakyat. Seluruh jajaran PBNU semuanya siap bekerja” kata Yahya dalam acara Halal Bihalal di Gedung PBNU pada Minggu (28/4).

Yahya juga menyampaikan selamat kepada Prabowo - Gibran karena menjadi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih pada periode 2024-2029. “Semoga Allah senantiasa menaungi beliau berdua dengan pertolongan dan demi kemaslahatan negara yang kita cintai,” ujarnya.

Selain itu, dia mengungkapkan alasan NU mendukung pemerintah terpilih karena setengah dari masyarakat Indonesia adalah bagian dari NU. Bahkan Yahya menyebut, populasi NU mencapai 61% dari total penduduk berdasarkan survei Litbang Kompas.

“Itu sebabnya PBNU membuat kesimpulan, bahwa tidak ada langkah yang lebih tepat dari kepengurusan NU, selain membantu pemerintah. Karena agenda pemerintah untuk kemaslahatan rakyat banyak dipastikan benar-benar sampai kepada rakyat,” ucapnya.

NU Dukung Pemerintahan Jokowi

Ini bukan kali pertama bagi NU mendukung pemerintah yang sedang berkuasa di Indonesia. Dia mengatakan, bahwa NU juga mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...