PDIP Soal Suara Ganjar Kalah di Kandang Banteng: Ada Anomali

Ade Rosman
15 Februari 2024, 17:42
pdip, ganjar, kandang banteng
ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom.
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kedua kanan), Wakil Ketua DPP PDIP Bidang Hubungan Luar Negeri Ahmad Basarah (kanan), kader PDIP Anggie (kiri) dan Aryo Seno Bagaskoro (kedua kiri) menyampaikan keterangan pers mengenai perayaan HUT ke-51 PDI Perjuangan di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (6/1/2024).
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menanggapi hasil perhitungan cepat atau quick count Pilpres 2024. Hasto menyatakan terdapat anomali di daerah yang menjadi basis suara dari partai banteng.

Hasto mengatakan Ganjar Pranowo kalah di sejumlah daerah basis suara partainya. Berdasarkan hasil perhitungan cepat sejumlah lembaga survei, pasangan Ganjar-Mahfud kalah di daerah Jawa Tengah, Bali, hingga Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Justru itulah yang salah satu anomalinya. karena pergerakan dari struktur itu sangat masif," kata Hasto kepada wartawan di Gedung High End, Jakarta Pusat, Kamis (15/2).

Ia menyebut, ada temuan yang menunjukkan adanya intimidasi termasuk terhadap kepala-kepala daerah melalui proses hukum. Berdasarkan hal itu, Hasto menyebut kubu 03 telah sepakat untuk membuat tim khusus yang nerasal dari internal mereka untuk mengungkapkan kejanggalan yang ada.

"Bukti-bukti materialnya  yang kemudian dirumuskan oleh tim khusus tadi," katanya.

Pertemuan Ganjar-Mahfud dengan TPN
Pertemuan Ganjar-Mahfud dengan TPN (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym.)

Hasto mengatakan adanya indikasi rekayasa pemilu yang ditunjukkan dengan sejumlah hal. Ia menyebut indikasi kecurangan tersebut dilakukan secara sistematis.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...