Program Prabowo Dibahas di Sidang Kabinet, PDIP Singgung Soal Etika

Ade Rosman
28 Februari 2024, 14:53
pdip, makan siang, prabowo, jokowi
Katadata/Ade Rosman
Hasto Kristiyanto saat Debat Calon Presiden di KPU, Selasa (12/12)
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyinggung perihal etika dari penyelenggaran negara. Hal ini setelah program makan siang gratis yang ditawarkan paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dibahas di sidang kabinet, Senin (26/2) lalu.

"Ini tentu saja menyentuh aspek-aspek hukum dan aspek etika dari penyelenggara negara," kata Hasto kepada wartawan di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/2).

Menurutnya, pembahasan tersebut tidaklah tepat lantaran tahapan Pemilu yang belum usai dan masih bergulir. Berdasarkan hal tersebut, Hasto menilai adanya upaya membangun skenario bahwa Pemilu telah selesai.

"Sepertinya mau membangun skenario bahwa pemilu sudah selesai, padahal rekapitulasi baru dilakukan," katanya.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengoreksi pernyataan dari sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju yang mengatakan program makan siang dan susu gratis menjadi topik bahasan dalam Rapat Paripurna Kabinet pada Senin (26/2) lalu.

Menurut Jokowi rapat paripurna kabinet awal pekan itu lebih membahas rencana penyesuaian anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2025 dengan program dari presiden terpilih 2024-2029.

"Tidak ada pembahasan itu. Di dalam rapat kabinet paripurna saya sampaikan bahwa program presiden terpilih harus sudah dimasukkan dalam rencana anggaran 2025," kata Jokowi di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur pada Rabu (28/2).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...