Kubu Ganjar - Mahfud Batal Hadirkan Kapolda jadi Saksi di Sidang MK

Ade Rosman
2 April 2024, 12:25
Ganjar
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/Spt. Deputi Hukum Tim Pemenengan Nasional (TPN) Ganjar Mahfud, Todung Mulya Lubis (tengah) mendengarkan tanggapan Ketua Bawaslu Rahmat Bagja atas gugatan dari pasangan capres nomor urut 01 dan 03 saat sidang lanjutan sen
Deputi Hukum Tim Pemenengan Nasional (TPN) Ganjar Mahfud, Todung Mulya Lubis (tengah) mendengarkan tanggapan Ketua Bawaslu Rahmat Bagja atas gugatan dari pasangan capres nomor urut 01 dan 03 saat sidang lanjutan sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (28/3/2024).
Button AI Summarize

Tim hukum pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo - Mahfud MD batal menghadirkan seorang Kapolda sebagai saksi di sidang Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) di Mahkamah Konstitusi, yang digelar Selasa (2/4). Pada sidang hari ini, tim Ganjar - Mahfud menghadirkan total 19 saksi dan ahli. 

"Ada sepuluh saksi fakta dan sembilan Ahli. Total ada 19 ya,” ujar Ketua Tim Hukum Ganjar - Mahfud Todung Mulya Lubis sebelum sidang dimulai. 

Sebelumnya, TPN Ganjar-Mahfud berencana akan menghadirkan seorang kapolda sebagai saksi dalam sidang sengketa Pemilu 2024 di MK. Wakil Deputi TPN Ganjar-Mahfud Henry Yosodiningrat menyebut kekalahan Ganjar-Mahfud di Jawa Tengah tak lepas dari mobilisasi kekuasaan dan pengesahan aparatur negara.

"Kami punya bukti ada kepala desa yang dipaksa oleh polisi, ada juga bukti warga masyarakat mau milih ini, tapi diarahkan ke paslon lain. Dan, akan ada kapolda yang kami ajukan," ungkap Henry melalui pernyataan tertulis, Senin (11/3).

Namun pernyataan itu dibalas Kapolri Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang menyatakan harus ada bukti kuat bila ingin menghadirkan Polda di sidang MK. Hal itu menurut Sigit diperlukan agar proses hukum dapat berjalan dengan baik. 

"Ya kita lihat, kapoldanya siapa. Kan harus bisa dibuktikan," kata Listyo saat ditemui di kantor Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI, Jakarta, Jumat (15/3).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...