Janji Prabowo ke Xi Jinping: Saya akan Lanjutkan Kebijakan Jokowi

Muhamad Fajar Riyandanu
2 April 2024, 14:45
prabowo, xi jinping, jokowi
Instagram/Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) dan Presiden China Xi Jinping (kanan) bertemu di Beijing, China, Senin (1/4/2024)
Button AI Summarize

Presiden terpilih Prabowo Subianto berkomitmen untuk melanjutkan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pernyataan tersebut dikatakan Prabowo kepada Presiden Cina Xi Jinping saat melakoni kunjungan kehormatan di the Great Hall of the People in Beijing pada Senin (1/4).

"Saya ingin menekankan bahwa saya ingin melanjutkan kebijakan Presiden Joko Widodo. Saya bertekad untuk melakukannya menggunakan semua prestasinya sebagai landasan progam saya," kata Prabowo, dikutip dari kanal Youtube Kemhan RI pada Selasa (2/4).

Menteri Pertahanan itu juga berjanji untuk terus mendukung dan mendekatkan hubungan yang lebih berkualitas antara Cina dan Indonesia. Prabowo juga mengapresiasi kinerja para pemimpin Cina yang dianggap mampu menghasilkan beragam pencapaian yang progresif.

Ia menyampaikan bahwa Cina merupakan mitra kunci Indonesia untuk menjaga stabilitas dan memelihara perdamaian di Asia Tenggara. "Saya mempunyai kekaguman yang besar untuk sejarah Cina dan juga kekaguman yang besar atas pencapaian para pemimpin Republik Rakyat Cina," ujar Prabowo.

Dalam pertemuan itu, Prabowo juga menyampaikan harapan adanya langkah-langkah konkret ke depan untuk menindaklanjuti rencana aksi penguatan kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dan Cina. Salah satunya adalah soal industri alutsista.

“Saya juga berkomitmen memenuhi kebutuhan alutsista Indonesia, termasuk peningkatan kerja sama industri pertahanan dan dialog produktif, serta kerja sama antarmatra,” kata Prabowo.

Xi Jinping menegaskan komitmen Cina untuk meningkatkan kerja sama strategis komprehensif dengan Indonesia. Dia mengaku ingin mempererat kerja sama di berbagai bidang dengan Indonesia, termasuk sektor pertahanan, ekonomi, dan keamanan.

Ia menyampaikan, Cina siap bersama dengan Indonesia berkontribusi positif menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan serta dunia. Menurut dia, kerja sama Indonesia dan Cina dibutuhkan dalam menjaga keamanan maritim di Asia Tenggara.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...