Balas Kubu Ganjar, Tim Prabowo Minta MK Hadirkan Kepala BIN di Sidang

Ade Rosman
2 April 2024, 19:11
Prabowo
Fauza Syahputra|Katadata
Ketua tim hukum pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Yusril Ihza Mahendra memberikan tanggapan atas keterangan ahli yang dihadirkan oleh pemohon saat sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (2/4/2024).
Button AI Summarize

Tim pembela Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meminta Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan untuk dihadirkan di sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang digelar Mahkamah Konstitusi (MK). Anggota Tim Pembela Prabowo-Gibran, Nicholay Aprilindo menyampaikan usulan itu sebelum Ketua MK Suhartoyo menutup sidang PHPU pada Selasa (2/4).

Permintaan menghadirkan Budi Gunawan merupakan tanggapan atas permintaan kubu Ganjar yang menginginkan MK menghadirkan Kapolri. “ Kami dari pihak terkait mengusulkan juga seandainya dikabulkan oleh majelis hakim usulan kami, kami juga meminta dihadirkan Kepala Badan Intelijen Negara," kata Nicholay.

Budi Gunawan merupakan lulusan Akpol 1983 yang pernah menjadi ajudan Megawati Soekarnoputri. Tahun 1999, Budi yang sudah berpangkat Komisaris Besar (Kombes) dipercaya sebagai ajudan Megawati Soekarnoputri yang saat itu menjabat Wakil Presiden. Sampai Mega naik tahta ke kursi RI-1 selama 2000-2004, Budi masih setia menjadi ajudan.

Menanggapi permintaan itu, Suhartoyo mengatakan akan dipertimbangkan oleh para hakim. Begitupun dengan permintaan dari kubu Ganjar-Mahfud yang meminta Kapolri dihadirkan di sidang.

"Tapi, prinsip sebenarnya sudah selesai di kemarin karena hari ini sebenarnya sudah tidak menerima itu, karena nanti tidak ada kepastian step-step jadwal sidang ini. Tapi nanti akan kami diskusikan dengan para hakim," kata Suhartoyo.

Di sisi lain, Tim Hukum Ganjar Pranowo-Mahfud MD meminta Kapolri Listyo Sigit Prabowo dihadirkan dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) berikutnya yang digelar di MK. Ketua Tim Hukum Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis mengatakan timnya telah mengajukan permohonan tersebut ke MK.

"Kami sudah melayangkan surat ke MK ya bahwa di samping 4 menteri yang akan dihadirkan plus DKPP, kami juga akan meminta kepada Ketua Majelis untuk menghadirkan Kapolri pada sidang berikutnya," kata Todung di Gedung MK, Jakarta Pusat, Selasa (2/4).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...