Pemerintah Siapkan Cetak Biru Penyatuan BUMN Pangan dan Pupuk

Ira Guslina Sufa
6 Mei 2024, 08:22
Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir
Pertamina
Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir
Button AI Summarize

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan rencana pemerintah menyiapkan rancangan blue print perusahaan pelat merah hingga 2034. Rancangan ini mencakup rencana integrasi di antaranya penyatuan sektor pangan dan pupuk.

“10 tahun ke depan salah satunya memperkuat ekosistem. Seperti contoh misalnya sekarang ini yang namanya pupuk dengan pangan kita terpisah, ke depan kita akan jadikan satu ekosistem,” kata Erick dalam Family Gathering Kementerian BUMN di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, seperti dikutip Senin (6/5). 

Menurut Erick, integrasi antara sektor pupuk dan pangan dianggap penting karena keduanya merupakan bagian dari satu ekosistem yang saling terkait. Erick mengatakan saat ini keduanya masih terpisah dan perlu digabungkan agar dapat berjalan secara lebih efisien.

“Pupuk dan pangan karena ini ekosistem. Tidak mungkin kita bicara pangan tanpa pupuk misalnya. Nah ini masih terpisah,” tutur Erick.

Erick juga menyoroti kekurangan dalam sektor pupuk, terutama terkait dengan ketersediaan bahan baku seperti sulfat dan fosfat. Ia menyebutkan dalam upaya untuk menjadi produsen pupuk terbesar di dunia, Indonesia perlu memiliki kepastian pasokan bahan baku. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...