East Ventures Suntik Startup Kuliner Runchise Rp 16 Miliar

Lenny Septiani
8 Mei 2024, 10:05
East Ventures, perusahaan venture capital yang terbuka pada seluruh sektor dan pelopor investasi startup Indonesia.
Dok. East Ventures
East Ventures, perusahaan venture capital yang terbuka pada seluruh sektor dan pelopor investasi startup Indonesia.
Button AI Summarize

Startup manajemen restoran dan waralaba kuliner yang berbasis di Indonesia, Runchise meraih pendanaan sebesar US$ 1 juta atau sekitar Rp 16 miliar dari investor sebelumnya, yakni East Ventures dan Genesia Ventures. Runchise akan berfokus pada pengembangan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan profitabilitas para restoran.

“Kami yakin pendanaan ini merupakan bentuk kepercayaan yang kuat terhadap solusi kami untuk memberdayakan industri makanan dan minuman,” kata Co-Founder dan Chief Executive Officer Runchise Daniel Witono, dalam keterangan pers dikutip Rabu (8/5).

Daniel mengatakan perusahaan menyambut baik investasi yang dilakukan East Venture. Mereka percaya bahwa teknologi merupakan alat penting dalam memastikan efisiensi operasional di industri.

Daniel menyatakan Runchise berkomitmen untuk memberikan solusi inovatif yang disesuaikan untuk kebutuhan para pelaku industri. Sehingga membantu mereka meningkatkan dan memanfaatkan peluang yang ada.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa Perusahaan akan memprioritaskan investasi dalam kegiatan branding dan ekspansi untuk memperluas jangkauan perusahaan ke lebih banyak kota. Sekaligus, memberdayakan lebih banyak bisnis untuk berkembang.

Menurut Daniel, sektor makanan dan minuman (F&B) dan perhotelan memiliki peluang yang sangat besar di berbagai negara berkembang, namun industri ini juga memiliki persaingan yang ketat antar pemain. 

“Keunggulan dan efisiensi operasional memiliki peran penting untuk dapat berhasil dalam sektor ini,” kata dia. Sayangnya, para pemain F&B masih menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan dalam memaksimalkan pertumbuhan, hal ini semakin menantang dikarenakan keterbatasan dari solusi yang dirancang khusus untuk industri ini.

Ia menjelaskan, Runchise didesain berdasarkan pemahaman yang komprehensif tentang proses bisnis dan pengoperasian restoran, yang menghadirkan platform yang berpusat pada pengguna (user-centric) dengan ekosistem end-to-end

“Dengan platform online atau berbasis cloud, Runchise memastikan seluruh informasi dari gerai restoran terhubung secara transparan, akurat, dan konsisten ke dalam satu platform,” ia menambahkan.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...