Pratikno Akui Anggaran Bengkak Karena Perayaan HUT RI di IKN dan Jakarta

Muhamad Fajar Riyandanu
6 Agustus 2024, 19:28
Pratikno
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) dan Mensesneg Pratikno (kiri) memberikan keterangan pers sebelum berangkat ke Australia dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-Australia di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/3/2024). Dalam KTT tersebut Indonesia akan mendorong kerja sama dan penguatan integrasi ekonomi, terkait transisi energi dan transformasi digital, kemajuan paradigma kolaborasi dan penghormatan hukum internasional secara konsisten yang termasuk d
Button AI Summarize

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengakui anggaran untuk rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan tahun ini membengkak. Mesti butuh dana lebih banyak, Pratikno mengklaim peningkatan biaya peringatan hari proklamasi tahun ini hanya selisih tipis dari tahun sebelumnya.

"Karena upacara sekarang itu diselenggarakan di dua tempat, tentu saja anggarannya lebih besar dari sebelumnya. Tetapi tidak signifikan," kata Pratikno di Kantor Kementerian Sekretariat Negara Jakarta pada Selasa (6/8).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dipastikan bakal mengikuti rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka akan mengikuti seluruh rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

Pratikno pun tidak menjelaskan nilai kenaikan anggaran untuk perayaan rangkaian upacara kemerdekaan pada tahun ini. Dia mengatakan, urusan tersebut dapat ditanyakan lebih lanjut kepada Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono. "Saya engga hapal, Pak Kasetpres yang lebih tahu," ujarnya.

Lebih jauh, Pratikno menyebut peningkatan biaya ucapara kemerdekaan tahun ini tidak menjadi beban khusus. "Kalau penyelenggaraan upacara kan memang dibiayai negara. Engga ada masalah, setiap tahun juga begitu," kata Pratikno.

Tantangan Transportasi di IKN

Pratikno menyebut aspek transportasi merupakan tantangan utama dalam pelaksanaan upacara kemerdekaan di IKN. Pemerintah telah menyiapkan bus untuk para tamu undangan yang hadir ke upacara IKN. "Infrastruktur di IKN sangat terbatas dan juga jalur transportasi dari Balikpapan ke IKN terbatas. Tol belum sepenuhnya jadi dan bandara di IKN belum jadi," ujar Pratikno.

Jokowi mengatakan perayaan upacara di IKN dan Jakarta bertujuan untuk memperlihatkan masa transisi ibu kota dari Jakarta menuju Nusantara. Dia mengatakan pengaturan upacara HUT Kemerdekaan di IKN tidak mudah, karena perlu adanya persiapan lebih awal untuk mobilisasi, transportasi dan akomodasi.

"Ini kan masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN, agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan," kata Joko kepada wartawan seusai meninjau Posyandu Taman Sawo, Jakarta Selatan pada Selasa (11/6).

Pemerintah juga sepakat untuk menggelar apel kehormatan dan renungan suci di dua lokasi, yakni di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata Jakarta dan IKN Memorial Park. Kegiatan apel kehormatan dan renungan suci di TMP Kalibata dan IKN Memorial Park akan digelar pada 17 Agustus 2024 dini hari yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...