Harga Emas Dunia Turun, Logam Mulia Antam Naik Jadi Rp 942 Ribu/Gram

Desy Setyowati
17 April 2020, 08:50
Harga Emas Dunia Turun, Logam Mulia Antam Naik Jadi Rp 942 Ribu/Gram
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Ilustrasi, petugas menunjukkan emas batangan, di galeri 24 penjualan Logam Mulia, di Padang, Sumatera Barat, Jumat (21/2/2020).

Harga emas  PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini naik Rp 3.000 menjadi Rp 942 ribu per gram. Sedangkan harga logam mulia dunia turun pada pagi, hari ini (17/4) karena Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana membuka kembali aktivitas ekonomi meski masih ada pandemi corona.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas di pasar spot turun 0,29% menjadi US$ 1.712 per ons per Pukul 8.33 WIB. Sedangkan harga emas berjangka di bursa comex turun 0,19% menjadi US$ 1.728 per ons.

Pelonggaran kebijakan pembatasan sosial di AS menunjukkan penambahan jumlah kasus positif virus corona yang menurun. Director of metals trading di High Ridge Futures David Meger memperkirakan, harga emas cenderung menurun dalam beberapa hari ke depan. 

“Tetapi emas didukung dengan cukup baik. Ada sejumlah bank sentral yang memberikan stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata dia dikutip dari Reuters, Jumat (17/4).

(Baca: Investor Ambil Untung, Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 939 Ribu/Gram)

Harga emas juga melonjak 30% sejak level terendah US$ 1.350 pada pertengahan Desember tahun lalu. Peningkatan ini karena investor khawatir akan peringatan resesi global terburuk sejak 1929, akibat mewabahnya virus corona.

Chief precious metals analyst di HSBC James Steel optimistis, harga emas akan terus naik hingga 2021. Penyebabnya, “ketidakpastian terkait kesehatan, keuangan, dan ekonomi yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19,” kata dia.

Sedangkan Analis UBS Giovanni Staunovo menilai, turunnya harga emas beberapa hari ini karena investor mengambil untung. “Ini koreksi kecil. Kami melihat beberapa aksi ambil untung, hal yang kami lihat dalam beberapa pekan terakhir,” kata dia.

(Baca: Harga Emas Dunia Cetak Rekor, Logam Mulia Antam Jadi Rp 943 Ribu/Gram)

Di dalam negeri, berdasarkan situs logammulia.com, harga emas Antam naik Rp 3.000 menjadi Rp 942 ribu per gram. Sedangkan harga penjualan kembali (buyback) juga naik Rp 3.000 menjadi Rp 840 ribu per gram.

Harga emas batangan Antam di Butik Logam Mulia berdasarkan data logammulia.com pada Jumat (17/4) sebagai berikut:

Emas batangan 0,5 gram Rp 495.000

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...